Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harapkan APBN, Arif Optimis Pembangunan Stadion Dompak Mulai 2018
Oleh : Ismail
Sabtu | 04-03-2017 | 16:38 WIB
stadion-bertaraf-internasional.gif Honda-Batam

Maket stadion bertaraf internasional yang akan dibangun di Dompak, Kepri (Sumber foto: forumbebas.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk mewujudkan pembangunan Stadion berkelas Internasional di kawasan Dompak, Pemerintah Provinsi Kepri sudah memiliki alternatif lain agar pembangunannya tidak membebani APBD Kepri. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, TS Arif Fadillah, belum lama ini mengatakan, rencana pembangunan Stadion berkapasitas 4 ribu orang itu memakan biaya sangat besar. Untuk itu, pihaknya melakukan kajian agar Pembangunan tersebut tidak terlalu membebankan APBD.

Salah satu alternatifnya, lanjut Arif, yakni meniru pembangunan Stadion di Papua yang menerapkan pola Badan Layanan Umum (BLU).

"Kami sudah bertemu dengan Pak Menteri Bappenas membahas masalah pembangunan Stadion olahraga ini. Beliau (Menteri-red) menganjurkan pola pembangunan yang dilakukan oleh Papua," terang Arif.

Dijelaskan Arif, melalui pola BLU ini, pembangunan Stadion tersebut akan didukung oleh Pemerintah Pusat melalui APBN. Sehingga, tidak membebankan APBD Kepri.

"Karena biaya pembangunan Stadion ini sangat besar," singkatnya.

Dikatakan Arif, keinginan Gubernur untuk mewujudkan pembangunan Stadion Dompak ini sangat besar. Sesuai dengan target diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) 2022 di Kepri.

Untuk itu, lebih jauh dijelaskan Arif, pihaknya akan mempelajari pola pembangunan BLU tersebut demi percepatan mewujudkan pembangunan Stadion Dompak.

"Ini PR buat kami. Kami akan segera siapkan proposal pengajuannya ke Bappenas. Kalau perlu, saya akan belajar ke Papua," imbuh Arif.

Arif optimis, pembangunan Stadion yang rencanan memiliki luas sekitar 20 Hektar ini akan dimulai pada 2018 mendatang. Ini disebutnya, bertujuan untuk meramaikan Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri di Dompak.

Editor: Udin