Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Surat Cinta dari Camat Tebing untuk Warganya‎
Oleh : Nursali
Jum'at | 03-03-2017 | 17:26 WIB
gotroy.gif Honda-Batam

Bupati Karimun, Aunur Rafiq di sela-sela gotong royong berbincang dengan warga (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Untuk mendorong semangat para warga dan melegalkannya menjadi sebuah imbauan yang harus dilaksanakan, Camat Tebing, Herisa Anugerah, beri "surat cinta" kepada warganya.

Surat ini berisikan imbauan untuk menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan melaksanakan gotong royong di lingkungannya masing-masing, sesuai dengan hari yang telah ditentukan.

"Suratnya sudah siap, tinggal saya tandatangani saja," kata Herisa di ruang kerjanya. Jumat (3/3/2017)

Selanjutnya, surat yang dimaksud akan disebar di seluruh tempat-tempat atau fasilitas umum se Kecamatan Tebing. Pihaknya mewajibkan seluruh perangkat desa untuk menetapkan jadwal akhir pekan sebagai kegiatan gotong royong.

Masing-masing perangkat desa nantinya akan menetapkan dan menjadwalkan warganya yang diwajibkan untuk menjalankan imbauan tersebut secara bergiliran.

"Masing-masing Kelurahan atau Desa sudah ada yang menetapkan jadwal mereka masing-masing. Mereka gotong royong pada hari minggu, di luar hari Sabtu yang dicanangkan oleh Bapak Bupati sebagai Hari Sabtu Bersih," katanya lagi.

Untuk masalah sanksi, pihaknya belum menetapkan sanksi apa yang pantas bagi siapa saja yang tidak melaksanakan imbauan tersebut. Sebab menurutnya, kesadaran personal dalam gerakan ini jauh lebih penting daripada aturan yang dilaksanakan atas dasar keterpaksaan saja.

"Kalau sanksi saya fikir belum ada. Kalau sanksi moral saya tidak tahu. Bagaimana mungkin seseorang mampu melihat orang lain yang bergotong royong membersihkan halamannya, sementara dia hanya berpangku tangan," ucapnya

"Kalau kebiasaan orang tua dulu, kalau yang lain gotong royong, dia menyiapkan snack," sindirnya‎

Editor: Udin