Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun ini, sebanyak 22 SMP Negeri dan Swasta Ikuti UNBK
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 28-02-2017 | 17:07 WIB
muslimbidin.jpg Honda-Batam

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin

BATAMTODAY.COM, Batam - Pada Tahun Ajaran 2016-2017, jumlah sekolah mengikuti try out persiapan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) bertambah dari tahun sebelumnya. Tahun lalu hanya sekolah Negri yang mengikuti UNBK.

 

Namun tahun ini, sekolah menengah pertama (SMP) swasta ikut serta dalam try out UNBK. Setidaknya ada 16 sekolah dari 22 sekolah SMP yang menjalani try out UNBK.

"Ada 22 sekolah yang ikuti try out UNBK. 6 dari Sekolah Negri, tapi saya lupa diantaranya SMP 3,11,6 dan 26 selebihnya Swasta," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin Selasa (28/02/2017).

Muslim menjelaskan kendala saat ini infrastruktur seperti komputer dan jaringan khusus untuk sekolah Negri. Diman dalam try out yang berjalan Senin (27/2/2017) lalu, ada beberapa SMP yang numpang digedung SMA/SMK di Batam.

Yaitu SMP 3 numpang try out di SMA 3 Sekupang dan SMP 11 dan 26 mengikuti tes di SMK 1 Batuaji. "Itu yang kendala kami sekarang ada SMP yang masih numpang di SMA, karena infrastruktur kami belum memadai," ujarnya.

Muslim mengaku masih terus mengusahakan dalam UNBK April mendatang. Agar sekolah yang belum memadai dan belum di lengkapi infrastruktur agar segera di selesaikan.

"Kemungkinan ujian nanti numpang, tapi kami usahakan ketika ujian nasional bisa menyelenggarakan di sekolah masing-masing, biar tidak menumpang lagi. Saat ini kami masih mempersiapkan perangkat server yang kami upayakan dan kami kordinasi ke Disdik Provinsi," katanya.

Namun demikian kata Muslim dari 22 sekolah SMP yang mengikuti try out UNBK masih harus dilakukan verifikasi kesiapan. Nantinya dilakukan verifikasi ditahap ketiga try out pada Maret mendatang.

"Kalau swasta sudah siap. Tapi harus verifikasi kembali, jadi belum sepenuhnya 22 sekolah menjadi peserta UNBK," pungkasnya.

Editor: Surya