Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sains Itu Enggak Membosankan, Sangat Menyenangkan
Oleh : Redaksi
Selasa | 28-02-2017 | 12:38 WIB
Ilmu-Sains1.gif Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Marshella Wijaya, Clessya Olivia, serta Amanda Kosim pernah mencuri perhatian pada perhelatan LOreal Girls in Science 2016 lalu. Mereka adalah jawaranya, dengan mengalahkan para siswi dari 50 sekolah di seluruh Indonesia.

Karya trio siswi dari SMAK 3 Penabur Jakarta ini, Kehidupan dalam Selembar Kertas, menjadi juara satu. Mereka memanfaatkan kertas bekas ujian menjadi media tanam tumbuhan. Ternyata tanaman dapat tumbuh di sana dalam waktu 2-3 hari.

Amanda mengatakan, pada awalnya sains memang terlihat membosankan. Tapi sains diawali dengan rasa penasaran. “Banyak hal-hal yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sains enggak membosankan sama sekali. Sangat menyenangkan,” katanya, dalam sosialisasi Loreal-KNIU Science Project 2017 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, akhir pekan lalu.

Padahal, Amanda adalah siswa IPS tapi dia menyukai sains dan mengetahui alasan orang jatuh cinta pada sains. “Sains bukan sekadar rumus dan teori, tapi bagaimana membikin hidup jadi lebih baik, untuk membantu orang lain,” katanya, bijak.

Clessya pun mengakui, pelajaran IPA itu susah. Tapi semua juga membutuhkan usaha dan belajar, bukan? "Yakinlah, itu enggak bakal sia-sia," tuturnya.

Saat ini Clessya sedang mempelajari astronomi. Menurutnya, banyak hal yang bisa dipelajari di ruang angkasa sana. Dia ingin sekali menemukan yang orang lain belum temukan.

Adapun Marshella mengatakan saat memilih IPA dia dianggap geeky dan tak gaul. Tapi menurutnya, sains tidak geeky. Banyak proses alam yang bisa dikenali lewat sains. "Lewat sains kita bisa bersosialisasi, kita sadar keindahan alam, kita mengeksplorasi. Kita bisa ubah, dari geeky jadi trendy," katanya.

Bagaimana menurutmu? Kalau kalian siswi yang tertarik pada sains dan ingin mengikuti jejak trio ini, coba deh ajukan penelitian kalian dalam kompetisi LOreal Girls in Science 2017.

Kirimkan karya trio kalian (kalian harus kelas 10 atau 11 ya) dengan tema Community Impact dalam bentuk esai 3.500 kata ke website lorealscience.co.id. Batas akhir pengiriman aplikasi pada 24 Maret mendatang ya. Kalau kamu nanti menang, hadiah Rp10 juta menunggumu.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha