Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akses Informasi dan Transportasi Jadi Kendala Guru Hinterland
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 18-02-2017 | 15:14 WIB
Muslim-Bidin.gif Honda-Batam

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin mengatakan, sampai saat ini belum ada keluhan serius dari sejumlah guru-guru yang ditempatkan di wilayah hinterland.

"Sampai saat ini yang menjadi keluhan guru-guru hanya sebatas transportasi yang masih minim dan informasi seperti signal yang kurang," ujar Muslim Bidin, Sabtu (18/2/2017)

Ia mengatakan, untuk mengatasi persoalan itu, guru-guru pulau telah difasilitasi dinas pendidikan dengan tunjangan dan perumahan diwilayah hinterland tempat guru-guru tersebut mengajar.

"Contohnya saja, tunjangan untuk guru dengan golongan III saja sudah Rp2,7 juta. Di Pulau Abang dan Pulau Karas kami juga sudah bangun perumahan dinas untuk guru-guru tersebut," kata Muslim.

Ia menambahkan, guru-guru di pulau Abang dan Pulau Karas memang selama ini terkendala dengan akses informasi dan transportasi disebabkan jarak kedua pulau itu dari Kota Batam cukup jauh.

Sehingga, Dinas Pendidikan akan terus berupaya melengkapi berbagai kebutuhan dan fasilitas guru-guru pulau tersebut, sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik.

"Untuk tahun depan kami fokus untuk membenahi dan menambah fasilitas guru-guru yang ada di pulau. Tahun depan juga belum ada penambahan guru maupun sekolah dan ruang kelas. Kami fokus pada kesejahteraan guru dulu," pungkasnya.

Editor: Dardani