Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Warnet di Bintan Timur Jadi Sasaran Operasi Bina Kusuma Polres Bintan
Oleh : CR13
Kamis | 16-02-2017 | 19:26 WIB
warnet.gif Honda-Batam

Saat tim Operasi Bina Kusuma Polres Bintan merazia Warnet di wilayah Bintan Timur (Foto: CR13)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Tiga Warung Internet (Warnet) yang ada di wilayah hukum Mapolsek Bintan Timur (Bintim) menjadi sasaran operasi Bina Kusuma, pada Kamis (16/2/2017) siang. Operasi tersebut merupakan gabungan personel Mapolres Bintan, personel Mapolsek Bintim serta dua anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bintan.

Kasat Bhinmas Polres Bintan, Ajun Komisaris Polisi Rusli, kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (16/2/2017) mengatakan, kegiatan ini untuk menertibkan anak-anak yang bolos sekolah. Maka, yang jadi sasaran operasi adalah warnet-warnet, mengingat saat ini banyak tindak kriminal yang dilakukan anak di bawah umur karena sudah kecanduan game online.

"Operasi ini memang dilakukan untuk menertibkan anak-anak yang bolos sekolah, serta warner-warnet yang tidak mengikuti aturan," ungkap Rusli.

Tiga warnet yang menjadi target oprasi di antaranya, Warnet Evolution Net di Jalan Pasar Berdikari Kijang Kecamatan Bintim Bintan, Warnet lainnya di jalan yang sama dan Warnet Barmo di Jalan Barek Motor Kijang, Kecamatan Bintim.

"Dari tiga warnet itu, kita berhasil mengamankan dua orang anak di bawah umur sudah putus sekolah, yakni IS (15) dan FS (15) serta satu pelajar di salah satu sekolah di Bintan kedapatan bolos sekolah, DP (14), dari Warnet Evolution Net," terangnya.

Terkait  ketiga anak yang kedapatan di warnet, tim langsung memanggil orangtuanya masing-masing. Agar orangtua bisa meningkatkan pengawasan terhadap anak-anak, agar terhindar dari kenakalan remaja.

"Kita langsung panggil orangtuanya untuk diberikan arahan, agar anak-anak terhindar dari kenakalan remaja," paparnya.

Sebaliknya,  Rusli mengimbau kepada pemilik warnet agar pada jam belajar, siswa-siswi tidak diperbolehkan bermain warnet dan pengelola warnet tidak boleh menjual miras pada pengunjung warnet.
Selain itu, dia juga meminta agar pengelola warnet menjadi mitra Polri dalam hal mengawasi anak sekolah yang membuka situs-situs porno.

Editor: Udin