Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepsek wajib Lapor, Disdik Lingga Siapkan Akun Whatsapp
Oleh : Bayu Yiyandi
Selasa | 14-02-2017 | 11:02 WIB
Rapat-kordinasi-Disdik-Lingga1.jpg Honda-Batam

Rapat Kordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga mewajibkan bagi para Kepala Sekolah untuk melapor setiap kegiatan yang dilakukan disekolah dengan mengirimkan foto dokumentasi ke akun WhatsApp khusus yang telah disediakan oleh pihak Dinas.

Kepala Dinas Pendidikan, Kasiman mengatakan laporan tersebut diwajibkan guna memantau kinerja para Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu peserta didik.

"Iya kita mewajibkan semua kepala sekolah di Lingga ini, di setiap daerahnya melaporkan langsung kegiatan disekolah dalam bentuk foto. Mau Selfie atau gimana terserah. Setelah itu diunggah ke grup Whatsapp khusus para kepala sekolah yang telah kita siapkan," kata Kasiman kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (14/2/2016)

Dia menjelasakan penerapan kewajiban itu merupakan satu dari visi dan misinya sebagai Kepala Dinas Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Lingga. Dengan target 100 hari kerja, dimulai dari pemerataan tenaga pendidik sampai dengan tenaga pengawas.

"Itu sebagai bentuk visi dan misi saya sebagai Kepala Dinas Pendidikan. Dimulai dari pemerataan tenaga pendidik untuk merubah pola pendidikan yang sebelumnya di Lingga ini," ungkapnya.

Dikatakan Kasiman, dalam melakukan pemerataan tenaga pendidik pihaknya akan mengedepankan kualitas, psikologi dan nurani sumber daya manusianya. Dengan melibatkan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Kepala Sekolah, menghilangkan keterlibatan unsur politik pada penempatan pemerataan tenaga pendidik yang akan dilakukan.

"Saya berupaya mengilangkan keterlibatan unsur politik pada penempatan para guru ini, karena guru tidak boleh berpolitik dan mereka juga tidak boleh dijauhkan dari keluarganya agar memiliki kinerja yang maksimal," kata Kasiman.

Hal itu, lanjutnya agar pendidikan di Kabupaten Lingga lebih berkualitas dan bermutu. Jika dalam target waktu yang telah ditetapkannya tidak mengalami perubahan peningkatan, Kasiman mengatakan dirinya siap mengundurkan diri sebagai kepala Disdik Lingga.

Untuk itu dia berharap dengan kewajiban bagi kepsek dan juga tenaga pendidik tersebut agar bisa mencari dan membuat peserta didik lebih kreatif lagi. Jika tidak bisa dirinya tidak akan segan menindak dan mengevaluasi secara tegas.

Editor: Yudha