Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Membangun Hubungan Baik dengan Guru
Oleh : Redaksi
Senin | 13-02-2017 | 15:50 WIB
Ilustrasi-jalin-hubungan-dengan-guru1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi. (Foto via CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Batam - Memiliki hubungan yang baik dengan guru pastinya sangat penting. Ini akan membuat suasana belajarmu di kelas menjadi lebih nyaman.

Membangun hubungan dengan guru memang gampang-gampang susah, apalagi dengan guru yang kesannya "galak". Beberapa tips ini mungkin bisa kamu gunakan untuk membangun hubungan yang baik dengan gurumu.

1. Ramah
Jangan lupa lemparkan senyum atau sapaan ketika berpapasan dengan guru. Atau kamu juga bisa memberikan gurumu hadiah kecil. Jika kamu mengesankan dirimu adalah siswa yang baik, gurumu mungkin akan bisa lebih ramah terhadap kamu.

Kamu tidak perlu memaksakan dirimu untuk membantu guru kalau tidak punya waktu. Bahkan kalau kamu tidak menyukai seorang guru, jangan menunjukkannya tepat di depan wajahnya.

2. Kalau punya guru favorit, ungkapkan!
Ini pasti bisa membuat gurumu bahagia. Katakan betapa mereka berarti untukmu dan bagaimana mereka membantu kamu pada pembelajaran di sekolah. tunjukkan bagaimana kamu mengapresiasi mereka.

3. Jangan bertindak tidak sopan
Kamu bisa mengobrol kapan pun dengan temanmu, tapi jangan saat guru menjelaskan di kelas. Kalau kamu memperhatikan guru dengan baik saat kelas, mereka akan memiliki pendapat yang baik soal dirimu. Guru punya pekerjaan yang berat, mengatasi sekumpulan anak yang punya karakter macam-macam. Jangan membuat pekerjaan mereka menjadi semakin berat dengan bertindak tidak menyenangkan.

4. Tulus
Jangan hanya berbuat baik ke guru jika ada maunya. Bersikaplah baik kepada mereka memang karena itu hal yang baik untuk dilakukan.

5. Persiapkan pelajaran dengan baik
Persiapkan segala macam hal yang kamu butuhkan untuk proses pembelajaran mulai dari buku catatan, buku materi, alat tulis, alat peraga, dan lain-lain. Dengan begitu guru akan melihatmu bahwa kamu siap belajar dan serius dengan sekolahmu.

6. Lakukan tugasmu
PR, tugas essay, semuanya! Kamu harus berusaha memahami setiap materi yang diajarkan, kalau tidak paham, coba tanyakan ke gurumu. Ini akan menunjukkan kalau kau punya keinginan untuk belajar dan membantumu memahami materi tentunya.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha