Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bahan Pembuat 1 Miliar Butir Ekstasi Berhasil Disita Polisi Belanda
Oleh : Redaksi
Sabtu | 11-02-2017 | 20:02 WIB
Pabrik-ekstrasi.jpg Honda-Batam

Petugas kepolisian Belanda sedang menurunkan bahan-bahan pembuat ekstasi dari sebuah truk yang ditangkap di sebelah selatan kota Rotterdam.(Sumber foto: Sky News)

BATAMTODAY.COM, Amsterdam - Kepolisian Belanda mengatakan, mereka sukses menyita berbagai benda yang cukup untuk membuat 1 miliar butir ekstasi.

Kepolisian menjelaskan, mereka menyita 100 tabung hidrogen, 15 ton soda api, dan 3.000 liter berbagai bahan kimia di dalam sebuah truk yang ditangkap 80 kilometer sebelah selatan kota Rotterdam.

Penangkapan itu terjadi di desa Rilland tak jauh dari perbatasan dengan Belgia. Seluruh bahan pembuat ekstasi yang disita itu bernilai ratusan ribu euro.

"Banyak bahan mentah yang kami temukan di dalam truk. Kini kami masih memindahkan semua barang bukti," ujar kepolisian Belanda lewat akun Twitter-nya.

"Semua barang ini memiliki nilai komersial di atas 100.000 euro dan bisa untuk membuat 1 miliar butir ekstasi. Tangkapan besar!" tambah polisi.

Polisi meyakini, sebagian bahan kimia yang ada di dalam truk itu adalah curian, sebab tabung-tabung hidrogen yang disita itu tak bisa dibeli dengan bebas.

Belanda memang dikenal sebagai salah negara penghasil ekstasi, sebuah jenis obat terlarang yang banyak beredar di dunia.

Sumber: Independent
Editor: Udin