Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Punya Gedung Sendiri, SDN 020 Sagulung Gelar Syukuran
Oleh : Berton Siregar
Sabtu | 11-02-2017 | 17:02 WIB
serahkan-tumpeng.jpg Honda-Batam

Anggota Komisi III DPRD Batam dapil Sagulung, Amintas Tambunan, memberikan nasi tumpeng kepada Kepala sekolah SD Negeri 020 Sagulung, Susi Erlinda, Sabtu (11/2/2017) pada acara syukuran menempati gedung sekolah baru (Foto: Berton Siregar)

BATAMTODAY.COM, Batam - Siswa siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 020 Sagulung tampak senyum dan berseri, sebab mereka kini telah memiliki gedung sekolah sendiri, di mana selama ini mereka hanya menumpang untuk belajar di gedung SMP Negeri 21 Sagulung.

Keceriaan mereka nampak setelah gedung yang rencananya bertingkat tiga tersebut, sejak Januari lalu, sudah dipakai untuk proses belajar mengajar. Kecerian itu pun makin lengkap dengan syukuran yang dilakukan pihak sekolah, Sabtu (11/2/2017) dengan mengundang tokoh masyarakat, orangtua murid dan juga anggota DPRD Kota Batam.

"Pembangunannya akan terus belanjut dengan penyesuaian dan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) yang akan datang," ujar anggota Komisi III DPRD Batam dapil Sagulung, Amintas Tambunan, Sabtu 11/2/2017.

Ia menjelaskan, pembangunan gedung sekolah SDN 020 tersebut, mulai dikerjakan tahun 2015 dengan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah dengan pengajuan lahan pada tahun 2010 lalu.

"Sejak tahun 2007 kami berjuang dengan warga, untuk mendapatkan lahan sekolah ini, dan akhirnya rampung juga. Ini demi kemajuan pendidikan dan generasi bangsa," ujarnya.

Sementara itu, Camat Sagulung, Reza Khadafy menuturkan, segala sesuatu yang dibutuhkan untuk kepentingan pendidikan, pihaknya akan terus berusaha membantu semaksimal mungkin.

"Kita dukung terus pembangunan gedung sekolah ini. Nantinya lantai dua dan tiga akan diteruskan pembangunannya sesuai hasil Musrenbang," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua RW 02 Kavling Nato, Parlaungan, yang mendukung penuh dengan adanya sekolah di daerah Kavling Nato. Pasalnya, anak-anak tidak perlu lagi belajar dan menumpang di gedung sekolah lain.

"Dengan dibangunnya gedung sekolah ini, kita sangat bersyukur dan berterima kasih ke pihak Pemko Batam, selama ini anak-anak sekitar sini harus bersekolah di daerah lain. Kami akan dukung terus untuk kemajuan pendidikan anak kami," ujarnya.

Kepala sekolah SD Negeri 020 Sagulung, Susi Erlinda mengatakan, ke-7 ruangan gedung baru SDN 020 Sagulung itu, terdiri empat ruangan dipergunakan sebagai kelas, satu ruangan perpustakaan, satu ruang majelis guru, UKS serta satu ruang kepala sekolah. Meski masih kurang, namun dengan adanya gedung baru ini, sudah sangat terbantu.

Apalagi dengan jumlah sekitar 350 siswa, dengan sembilan rombongan belajar, tentunya gedung sekolah tersebut belum cukup memenuhi standar dan kenyamanan belajar para siswa.

"Walau masih jauh dari cukup, Kami akan siasati dengan menggunakan ruang majelis guru untuk kelas belajar sementara, serta membuat dua shift jam belajar," Susi Erlinda.

Bahkan, dengan adanya gedung baru ini, Susi berharap, semangat anak-anak dalam belajar terus meningkat, agar menciptakan generasi muda yang lebih baik.

"Kami harap semua itu didukung dengan renovasi dan pembangunan, seperti semeninisasi serta pengerjaan gedung lainnya untuk menambah semangat siswa belajar," tuturnya mengakhiri.

Editor: Udin