Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Peserta Aksi 112 Siap Bela Habib Rizieq Shihab
Oleh : Redaksi
Sabtu | 11-02-2017 | 16:13 WIB
seratus-ribu-lebih-massa-aksi-112byrepublika01.gif Honda-Batam

Ribuan demonstran yang tergabung dalam aksi 112 menyatakan komitmen mereka untuk membela pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. (Foto: Republika)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ribuan demonstran yang tergabung dalam aksi 112 menyatakan komitmen mereka untuk membela Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Hal itu disampaikan secara bersama-sama oleh ribuan massa, mengikuti Muhammad Al Khaththath, Sekjen Forum Umat Islam (FUI). Salah satu pernyataan itu adalah siap berjuang untuk membela ulama dan Al-Quran.

“Siap berjuang bersama para ulama di bawah komando imam besar umat Islam Habib Rizieq Shihab,” kata peserta aksi di kawasan Masjid Istiqlal, Sabtu (11/2).

Diketahui, Habib Rizieq Shihab telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jabar dalam kasus dugaan penistaan simbol negara. Kepolisian pun telah melakukan pemanggilan Rizieq sebagai tersangka dalam kasus itu namun pemimpin FPI itu tak pernah datang untuk kali kedua.

Dalam aksi itu, para peserta juga menyatakan komitmen mereka untuk memenangkan gubernur yang sesuai dengan kriteria Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kriteria yang dimaksud adalah beragama Islam.

Peserta aksi 112 semakin ramai hingga saat ini, sejak dimulai pada subuh. Hujan yang turun tidak memengaruhi massa untuk datang ke Masjid Istiqlal.

Para peserta yang datang juga tidak ketinggalan membawa atribut seperti bendera dan pakaian yang menjadi ciri khas kelompok tertentu.

Atribut seperti pakaian salah satunya digunakan oleh Jawara Bekasi Betawi yang datang lengkap dengan pakaian ala Betawi nya yang khas dengan warna merah.

"Kami para Jawara Betawi berkomiten untuk membela agama dan ulama. Kami datang bersama rombongan lainnya sebanyak 20 orang, tapi kalau secara keseluruhan ada ratusan jumlahnya," ujar salah satu anggota, Bayu Sanjaya.

Saat ini diketahui, Habib Rizieq Shihab berada di dalam Masjid Istiqlal untuk memberikan ceramah. Selain itu, juga hadir Munarman dan Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir juga diketahui berada di dalam masjid.

Sementara itu, Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab menyinggung sengkarut kasus yang merundung dirinya saat berceramah di hadapan peserta Aksi 112, Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (11/2).

Rizieq mengatakan dirinya saat ini sedang diburu oleh polisi karena mangkir panggilan untuk diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan penodaan lambang negara di Polda Jawa Barat, kemarin.

"Saya sendiri sudah bukan tersangka, tapi buronan untuk dihadirkan di Polda Jabar," ujar Rizieq melalui pengeras suara di mimbar Masjid Istiqlal.

Rizieq memastikan bakal memenuhi panggilan polisi dan berkilah mangkir dari pemeriksaan kemarin. Dia menyebut alasan tak memenuhi panggilan kemarin lantaran tak mau rencana Aksi 112 terganggu oleh pemeriksaan kasusnya. "Mereka minta datang, saya akan datang. Kenapa (kemarin) saya tidak datang? Kita harus menjaga acara ini," kata Rizieq.

Rizieq mengaku telah mengatur pengacaranya untuk menjalin komunikasi lanjutan dengan kepolisian. Dia berharap kasusnya tidak lagi dibesar-besarkan.

Selain menyinggung kasus yang merundungnya, Rizieq juga menyoroti perkara dugaan pencucian uang yang menyeret nama Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir dan kasus dugaan penghinaan pecalang yang menimpa pentolan FPI Munarman.

Rizieq berharap polisi lebih menghormati tokoh yang dia anggap sebagai ulama. Dia mengaku tidak rela jika koleganya diseret-seret dalam kasus.

"Jangan dibuat-buat. Jangan ada rencana jahat untuk para ulama," kata Rizieq.

Aksi 112 merupakan rangkaian aksi terpisah dari 411 dan 211 yang sempat menyedot massa dalam jumlah besar, akhir tahun lalu. Dalam aksi kali ini, peserta yang datang dari berbagai penjuru berkumpul di Istiqlal untuk menggelar zikir akbar.

Rizieq berharap para peserta aksi bisa menuntaskan aksi secara damai dan tenteram agar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. "Karena itu sekali lagi, selesai acara pulang dengan damai. Buka mata, buka hati," kata Rizieq.

Sumber: CNN Indonesia
Editor   : Dardani