Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polda Kepri Kirim 200 Personil Brimob Amankan Pilkada DKI Jakarta
Oleh : Hadli
Selasa | 07-02-2017 | 12:50 WIB
Polda-Kepri-Kirim200-Personil-Brimob1.jpg Honda-Batam

Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian memberangkatkan 200 personil Brimob untuk pengamanan Pilkada DKI Jakarta. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 200 anggota Sat Brimob Polda Kepri dikirim untuk pengamanan jalannya Pilkada DKI Jakarta pada 15 Februari 2017 mendatang.

 

Upacara pemberangkatan kompi penugasan Satbrimob Polda Kepri BKO Polda Metro Jaya dipimpin langsung Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian di lapangan utama Polda Kepri pada Selasa (7/2/2017).

"Upacara yang dilaksanakan ini adalah untuk mengecek kesiapan personel Brimob sekaligus melepas kompi penugasan Satbrimob Polda Kepri BKO Polda Metro Jaya agar lebih siap baik secara personel, materil maupun kesiapan kemampuan menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2017 di Provinsi DKI Jakarta," ujar Kapolda.

Dia mengatakan, terdapat banyak isu yang dapat membuat stabilitas keamanan terganggu, isu kecil tersebut bisa menjadi pemicu konflik sosial di daerah tersebut. Hal ini, tambah Kapolda, merupakan indikasi adanya pemangku kepentingan yang tidak bertanggung jawab.

"Politik Devide et Impera atau politik adu domba kembali di peragakan untuk memecah belah kesatuan berbangsa dan bernegara, keamanan DKI Jakarta harus menjadi prioritas karena selain merupakan Ibu Kota Negara DKI Jakarta juga sebagai estalase Indonesia di mata dunia," paparnya.

Menurut Kapolda, keamanan di daerah tersebut berpengaruh sangat luas di berbagai bidang seperti sosial, politik terutama ekonomi. Atas dasar itulah, Pimpinan Polri menetapkan DKI Jakarta menjadi prioritas sehingga pengerahan pasukan Polri dalam skala besar.

"Terciptanya kondisi keamanan tidak semata-mata hanya dibebankan kepada Polri saja, namun diperlukan adanya kerjasama dengan elemen-elemen masyarakat, seluruh Stake Holder, Toga dan Tomas agar tercipta suasana aman dan tertib," terangnya.

Dengan adanya peran seluruh stek holder dapat meminimalisir terjadinya konflik sosial di masyarakat khususnya menjelang pelaksanaan hari pemungutan suara Pilkada serentak tahun 2017.

Dikirimnya 200 personil Brimob Polda Kepri ke Polda Metro Jaya, katanya, merupakan bentuk kepercayaan dari pimpinan Polri. "Tentunya kepercayaan ini harus dibayar dengan pelaksanaan tugas yang baik, dan diharapkan dengan kehadiran personel BKO ini dapat memberikan manfaat bagi kepolisian kewilayahan tersebut.

Baca: Amankan Pilkada Aceh 2017, Polda Kepri Kirim 100 Personil Brimob

Sebelumnya, sebanyak 100 personil pilihan Brimob Polda Kepri di BKO ke Provinsi Aceh untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Editor: Yudha