Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ujian UNBK Tingkat SMP di Bintan Menumpang di SMA/SMK
Oleh : Ismail
Jum'at | 03-02-2017 | 15:26 WIB
kabiddiknasbintan.jpg Honda-Batam

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bintan, Mikrat. (Foto: Ismail)

 

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bintan dipastikan akan menumpang di SMA/SMK. Itu disebabkan, masih kurangnya kelengkapan peralatan komputer di sejumlah SMP di Kabupaten Bintan.

 

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bintan, Mikrat memaparkan, hanya lima SMP di Bintan yang akan melaksanakan UNBK. Diantaranya, SMP 1 dan 2 Kecamatan Bintan Timur, SMP 6 Kecamatan Teluk Bintan, SMP 11 Kecamatan Seri Kuala Lobam, serta SMP 20 Satu Atap (Satap) Kecamatan Gunung Kijang.

"Untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMP, di Bintan lima sekolah yang kita ikutkan dalam pelaksanaannya," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (3/2/2017).

Mikrat menerangkan, karena kelengkapan komputer yang ada di sekolah tersebut masih terbatas. Maka dipastikan pelaksanaan UNBK tingkat SMP akan dilakukan menumpang di sejumlah SMA/SMK yang berdekatan dengan kelima sekolah tersebut.

Diantaranya, untuk SMPN 1 Bintim dilaksanakan di SMAN 1 Bintim, SMPN 2 di SMKN 2 Bintim, SMPN 6 dilakukan di SMAN 3 Teluk Bintan. Sedangkan, SMPN 11 pelaksanaannya di SMKN 1 Bintan Utara, serta SMP 20 Satap dilaksanakan di SMKN 3 Pulau Pucung, Kecamatan Gunung Kijang.

"Karena perlengkapan komputer kurang memadai, kita akan menumpang di SMA dan SMK yang berdekatan," kata Mikrat.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya masih memverfikasi data siswa yang mengikuti UNBK pada setiap sekolah supaya tidak ada kesalahan. Selain itu, pihak sekolah juga aktif melaksanakan try out untuk melatih siswa kelas 3 yang akan melaksanakan Ujian Nasional.

"Semua sekolah sudah siap,kalau secara persentase 80 persen karena masih akan dilaksanakan try out," tukasnya.

Editor: Dardani