Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Keluarkan Suara Ledakan, Penumpang Speedboat SB Putra 1 Panik dan Lari Berhamburan
Oleh : Harjo
Sabtu | 28-01-2017 | 19:02 WIB
speedboat-meledak-di-Bintan.jpg Honda-Batam

Saat kejadian speedboat mengeluarkan suara ledakan dan asap hitam dan salah satu pengurus kapal terjun ke laut menyelamatkan perangkat kapal (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Diduga mengalami kebocoran,  kapal cepat speedboat SB Putra, sempat mengeluarkan asap hitam dan suara ledakan keras di pelabuhan Bulanglinggi Tanjunguban, Sabtu (28/1/2017).

Akibat suara ledakan yang keluar dari buritan kapal tersebut, membuat penumpang dan calon penumpang di sekitar pelabuhan tersebut sempat panik dan berhamburan karena ketakutan.

"Penumpang yang baru turun dan penumpang yang baru tiba dan hendak berangkat, sempat berhamburan dan ketakutan. Karena melihat muncul asap hitam dan suara ledakan yang keras dari speedboat tersebut," ungkap Hasan salah seorang calon penumpang kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban.

Dia menjelaskan, walau kapal tersebut hanya mengeluarkan suara keras seperti ledakan serta mengeluarkan asap hitam, namun kondisi sekitar pelabuhan sempat membuat panik. Saat kejadian, Anak Buah Kapal (ABK) terlihat ada yang langsung terjun ke laut, untuk menyelamatkan diri dan asap yang keluar, namun tidak lama bisa dipadamkan.

"Kita tidak mengetahui apakah penyebab kapal tersebut hingga mengeluarkan suara ledakan yang keras. Kita harapkan pihak yang berkompeten agar benar-benar melakukan pengawasan terhadap kondisi kapal penumpang," harapnya.

M Rahmat, Kepala Pos Syahbandar pelabuhan Bulanglinggi Tanjunguban kepada BATAMTODAY.COM, membenarkan adaya speedboat yang mengeluarkan suara keras saat menurunkan penumpang di pelabuhan.

"Selesai menurunkan penumpang dari Batam, pompanya macet, nakhoda langsung aksi pakai PMK yang tersedia di boat. Bahkan salah seorang ABK kapal sempat terjun ke laut untuk menyelamatkan perangkat kapal," terang Rahmat.

Akibat kerusakan speedboat yang mengeluarkan suara seperti ledakan itu tidak menimbulkan korban. Speedboat yang mengalami kerusakan sudah diperbaki dan kondisinya sudah normal.  

Editor: Udin