Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wenger Sebut Uang Besar Tiongkok Tak Bisa Saingi Premier League
Oleh : Redaksi
Sabtu | 21-01-2017 | 08:38 WIB
Arsene-Wenger.jpg Honda-Batam

Manajer Arsenal, Arsene Wenger. (Foto: Expres.uk.co)

BATAMTODAY.COM, London - Manajer Arsenal, Arsene Wenger, mencoba mengingatkan Tiongkok jika kekuatan uang yang besar tidak bisa membuat sebuah kompetisi yang bisa bersaing dengan Premier League. Pria asal Prancis tersebut menilai hal tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama.

Dalam dua tahun terakhir geliat sepak bola Tiongkok memang sangat mengejutkan. Klub-klub negeri tirai bambu tersebut berhasil mendatangkan pemain top dunia untuk bermain di Tiongkok.

Sebut saja nama Hulk, Ezequiel Lavezzi, Ramires, Aleix Texeira, Oscar, Carlos Tevez dan masih banyak lagi tentunya. Mereka tertarik meninggalkan sepak bola Eropa untuk bermain di Asia yang levelnya tentu jauh di bawah.

Sebelumnya, pemain Shanghai SIPG, Oscar, yang baru bergabung mengatakan jika dalam beberapa tahun ke depan Liga Super Tiongkok bisa bersaing dengan Premier League jika melihat kekuatan dana yang tak terbatas. Namun, hal itu langsung dibantah oleh Wenger yang menyebut membuat kompetisi terbaik butuh waktu yang sangat lama.

“Anda tidak bisa membuat liga top dunia hanya dalam semalam. Itu menuntut kerja keras, budaya, dan waktu yang sangat lama. Sepak bola Inggris diciptakan 150 tahun lalu tapi sampai saat ini belum sempurna,” The Guardian.

“Di Tiongkok itu baru dimulai. Ketika saya tiba di Jepang pada 1995 kompetisi mereka baru dimulai pada 1993 itu artinya baru dua tahun. Mereka jelas kesulitan saat itu, sebuah kompetisi hebat diperlukan budaya sepak bola yang sangat kuat,” sambungnya.

Sumber: Sportsatu
Editor: Dardan