Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Resmi Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Ini Kicauan Pertama Luis Milla
Oleh : Redaksi
Sabtu | 21-01-2017 | 08:12 WIB
luis-milla-pssi.jpg Honda-Batam

Luis Milla telah resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pelatih asal Spanyol, Luis Milla langsung berkicau setelah resmi diumumkan menjadi pelatih timnas Indonesia, Jumat (20/1). Luis Milla diputuskan sebagai pelatih setelah masuk sebagai kandidat bersama Luis Fernandez.

Luis Milla dilaporkan dikontrak PSSI dengan durasi dua tahun. Ia akan diprioritaskan untuk menangani timnas U-23 di SEA Games 2017, termasuk di Asian Games 2018.

“Senang untuk memulai petualangan baru sebagai pelatih Indonesia. Sangat senang dengan tantang ini,” kicau Luis Milla di akun Twitter-nya.

Luis Milla merupakan pelatih berusia 50 tahun dan mantan pemain yang pernah memperkuat Barcelona, Real Madrid, dan Valencia.

Sepanjang karier kepelatihan, ia pernah mengarsiteki Pucol, Getafe sebagai asisten, dan timnas Spanyol kelompok umur dari U-19, U-20, U-21, dan U-23. Luis Milla juga pernah menangani Al Jazira, Lugo, dan Zaragoza.

Pria kelahiran Teruel, Spanyol itu pernah membawa timnas U-21 Spanyol juara Mediterranean Games U-21 2011 dan Piala Eropa U-21 2009. Sementara di ajang Piala Eropa U-19 2010, ia mengantar timnas U-19 Spanyol runner-up.

Luis Milla akan balik lebih dulu ke Spanyol. Rencananya ia memulai tugas sebagai pelatih timnas sejak 8 Februari.

Ia akan membawa dua orang asisten, yang diperkirakan adalah Miguel Gandia dan Luis Cembranos. Miguel Gandia dan Luis Cembranos dikenal sebagai orang kepercayaan dalam melatih.

Mereka sudah membantu ketika Luis Milla menangani klub CD Lugo di Segunda Division pada 2015-2016. Luis Cembranos dan Miguel Gandia kembali dipercaya membantu ketika menangani Real Zaragoza pada 2016 sebelum ikut menghilang dari Los Manos usai Luis Milla dilepas pada Oktober 2016.

Luis Cembranos sendiri merupakan asisten pelatih berusia 44 tahun, yang pernah menjadi pemain Barcelona, Espanyol, dan Rayo Vallecano. Sebagai asisten, ia membantu urusan teknik.

Adapun Miguel Gandia merupakan pelatih fisik atau kebugaraan. Ia mengantongi lisensi pendidikan jasmani dan pelatih. Miguel Gandia seperti sudah menunjukkan diri jelang pengumuman Luis Milla sebagai pelatih.

Sumber: Sportsatu
Editor: Dardan