Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Personil TNI AD Batam Jalani Tes Urine‎
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 20-01-2017 | 18:14 WIB
Kodim-Batam-tes-urine.gif Honda-Batam

Ratusan Personil TNI Angkatan Darat dari Kodim 0316/Batam pada Jumat (20/01/2017) jalani tes urine secara mendadak di Makodim 0316/Batam. Sebanyak 150 orang personil TNI termasuk para perwiranya tak luput dari pemeriksaan tes urine tersebut. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan personil TNI Angkatan Darat dari Kodim 0317/Batam pada Jumat (20/01/2017) jalani tes urine secara mendadak di Makodim 0316/Batam. Sebanyak 150 orang personil TNI termasuk para perwiranya tak luput dari pemeriksaan tes urine tersebut.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Batam dan Kodim 0316/Batam ini guna mengantisipasi penyebaran dan pemakaian narkoba di lembaga pertahanan negara khususnya di Kota Batam.

Dandim 0316/Batam, Letkol Inf. Andreas Nanang Dwi P, melalui rilis yang dilayangkan Kepala Penerangan Korem 033/ Wira Pratama, Mayor A.R Sipahutar kepada BATAMTODAY.COM mengatakan, selain untuk mengantisipasi penyebaran barang haram tersebut di lingkungan lembaga pertahanan negara, tes urine ini juga sebagai bentuk keseriusan pihaknya dalam memerangi barang setan tersebut.

"Tanpa terkecuali, baik Perwira, Bintara dan Tamtama menjalani tes urine ini," kata Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Andreas Nanang Dwi P, Jumat (20/01/2017).

Ia juga mengatakan, pemeriksaan urine secara mendadak ini juga sempat membuat sebagian besar anggota TNI AD tersebut kaget.

"Sebelum mereka (prajurit TNI) menjalani tes urine, mereka semua mendapat arahan dari Pasi Ter Kodim Batam dan perwakilan dari BNN Batam. Nah setelah selesai diberi pengarahan, langsung dilaksanakan tes urine," katanya lagi.

Sebelum personil TNI Angkatan Darat dari Kodim 0317/Batam  menjalani tes urine, mereka semua mendapat arahan dari Pasi Ter Kodim Batam dan perwakilan dari BNN Batam (Foto: Irwan Hirzal)

Ia menambahkan, jika pihaknya mendapati anggotanya positif menggunakan narkoba, maka sanksi pun segera menunggu anggota TNI tersebut.

"Bila ada anggota kita yang bermain-main dengan narkoba, maka tidak ada ampun, dipecat. Termasuk jika urine anggota TNI terindikasi mengandung narkoba, maka akan ditindaklanjuti," pungkasnya

Editor: Udin