Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebanyak 72 Kepsek SMA dan SMK Dilantik

Nurdin Harapkan Kepsek dan Disdik Lakukan Terobosan Peningkatan SDM di Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 19-01-2017 | 14:38 WIB
Nurdin-lagi.gif Honda-Batam

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. (Foto: Batamtoday.com)

 

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun melantik dan mengukuhakan sebanyak 72 Kepala Sekolah (Kepsek) SMA/SMK sederajat Kota Tanjungpinang, Bintan, Natuna dan Anambas di aula kantor SMK I Tanjungpinang, Kamis (19/1/2016).

 

Pelantikan SMA/SMK sederajat kabupaten/kota di Provinsi Kepri ini, dilakukan sebagai bentuk penyerahan ‎kewenangan penanganan pendidikan Menengah Atas dan Sekolah Luar Biasa (SLB) sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah.

Dengan keweangan yang diberikan UU, Nurdin Basirun mengatakan, kewenangan tersebut menjadi peluang bagai pemerintah Provinsi Kepri dalam mendorong dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khsusnya para siswa SMA/SMK dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

"‎Dengan pelantikan dan pengukuhan Kepala Sekolah ini, kami juga mengharapakan pada Kepala sekolah dan dinas Pendidikan, agar terus melakukan trobosan, dan langkah-langkah dalam mendorong dan meningkatkan Sumber Daya Manusia khususnya Siswa dan siswi SMA/SMK sederajat di Kepri," ujar Nurdin Basirun.

Selain itu, Nurdin juga mengatakan, peningkatan sumber daya Guru sebagai pendidik akan terus didorong dan ditingkatakan, melalui peningkatan akreditasi guru. Demikian juga kesejahteraan serta pembangunan sarana dan prasaranan pendidikan.

‎"Peningkatan kesejahteraan guru, juga akan tetap dipikirkan. Demikian juga guru Honorer, juga akan tetap diberdayakan, sesuai dengan aturan dan mekanisme, Khususnya pelaksanaan seleksi, krateria serta evaluasi, dan dari data yang ada tentu da seleksi dan perifikasi yang akan dilakukan," ujarnya.

Khusus untuk ratusan, guru honor pemerintah provinsi juga memikirkan, dan telah mengalokasikan gaji guru-guru honorer tersebut, serta gaji dari 2 ribu lebih Guru pendidikan dan tenaga Adminisrasi kependidikan SMA dan SMK serta SLB di kabupaten/kota provinsi Kepri, di APBD 2017 Provinsi Kepri.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Provinsi Kepri, Arifin Nasir, mengatakan dengan peralihan kebijakan dan kewenangan penanganan SMA/SMK ini, sebanyak 2.162 guru telah didata dan dialihkan statusnya dari Pemerintah Kabupaten/kota sebelumnya ke Provinsi Kepri, demikian juga pemberiaan SK pengangkatan Kepala Sekolah, sebagai mana yang dilakukan oleh Gubernur Kepri.

"Pemberiaan SK hari ini dilakukan Gubernur pada 72 sekolah SMA dan SMK sederajat di Kota Tanjungpinang, Bintan, Natuna dan Anambas," ujarnya.

Selain itu, masih ada penyerahan SK kepala sekolah yang akan dilaksanakan di Batam, Lingga, dan Karimun pada Minggu mendatang.

Editor: Dardani