Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Gunung dengan Pemandangan Paling Indah di Indonesia
Oleh : Redaksi
Kamis | 19-01-2017 | 12:26 WIB
Gunung-Bromo.jpg Honda-Batam

Gunung Bromo (Foto: CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ada banyak gunung indah di Indonesia yang bisa kamu daki. Memang mendaki gunung itu butuh perjuangan, tapi yakinlah, sesampainya di puncak, kamu akan terkagum pada pemandangan yang luar biasa indah.

Setidaknya ada 5 gunung di Indonesia yang bisa menjanjikan padamu keindahan luar biasa dari puncaknya. Inilah mereka:

1. Gunung Bromo

Berdiri pada ketinggian 2.329 meter, adalah salah satu gunung yang paling terkenal di Indonesia. Selain banyak dikunjungi, gunung ini termasuk gunung api teraktif di Indonesia.

Gunung Bromo menawarkan pemandangan yang dramatis yang akan membuat kamu layak untuk mencoba perjalanan ke sana. Apalagi pemandangan saat matahari terbit. Hmmm..

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen atau dataran tinggi Ijen berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Gunung Ijen merupakan gunung berapi aktif yang merupakan rumah bagi danau kawah yang terletak 2.148 meter di atas permukaan laut.

Di sini ada danau yang kaya sulfur dan banyak ditambang orang. Perjalanan cukup curam dan butuh 60-90 menit untuk sampai ke lokasi itu.

Pemandangan dari puncak merupakan sebuah kemegahan. Ketika mendaki pada malam hari pendaki mungkin dapat melihat fenomena api biru menyala dari celah-celah kawah, yang merupakan hasil dari pembakaran gas belerang. Pengunjung disarankan untuk membawa saputangan atau masker untuk menutupi hidung dan mulut dan mencegah menghirup belerang.

3. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani menjulang di Taman Nasional Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Gunung berapi aktif ini adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, memiliki ketinggian 3.726 meter. Dalam perjalanan ke puncak, pendaki akan melihat salah satu pemandangan paling menakjubkan di negeri ini.

Hutan hijau, air terjun yang memancar, dan Segara Anak, danau berbentuk bulan sabit. Ini adalah kombinasi pemandangan yang luar biasa.

Di sekitar Gunung Rinjani terdapat lebih dari 20 desa, semua menawarkan rute ke atas gunung. Akses utamanya dari Senaru dan Sembalun Lawang. Bagi mereka yang ingin mendaki ke puncak gunung berapi dari Sembalun Lawang dan berakhir di Senaru, perjalanan akan memakan waktu empat hari. Namun ada berbagai paket trekking yang ditawarkan oleh Taman Nasional dengan tingkat dan jangka waktu yang berbeda.

4. Gunung Batur

Gunung Batur terdapat di Desa Batur , di wilayah Kintamani, Bali. Terletak di sebuah kawah besar. Gunung Batur adalah gunung suci di Bali. Gunung berapi aktif berdiri 1.717 meter di atas permukaan laut, dan itu membutuhkan waktu 2 jam untuk mencapai puncaknya. Matahari terbit merupakan pemandangan yang sangat indah di sini.

5. Gunung Semeru

Gunung tertinggi di Pulau Jawa, 3.676 meter di atas permukaan laut, dan salah satu yang paling aktif di Indonesia. Gunung Semeru adalah salah satu cita-cita semua pendaki Indonesia. Tidak hanya pemandangan indah yang ditawarkan, tetapi pendaki juga akan melihat ledakan abu yang terjadi setiap 10 sampai 20 menit. Pendakian ke puncak dari kamp terendah memakan waktu sekitar 7 jam. Ranu Kumbolo merupakan salah satu primadona di gunung ini.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha