Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Benda Menyerupai Rudal Bukan Bahan Peledak
Oleh : Harjo
Rabu | 18-01-2017 | 11:50 WIB
Benda-Mirip-Rudal1.jpg Honda-Batam

Polisi dan tim WFQR Lantamal IV Tanjungpinang melakukan identifikasi benda mirip rudal. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Berdasarkan hasil identifikasi sementara oleh Sat Brimob Subden A Kompi 2 Pelopor serta tim WFQR Lantamal IV Tanjungpinang, benda menyerupai rudal yang ditemukan oleh nelayan desa Pengudang, kecamatan Teluksebong Bintan, bukan merupakan benda pemicu peledak.

 

"Benda menyerupai rudal bukan pemicu bahan peledak," kata Kapolsek Bintan Utara, Komisaris Polisi Jaswir kepada BATAMTODAY.COM, di Tanjunguban, selasa (17/1/2017) malam.

Ciri-ciri dari benda yang menyerupai rudal atau terpedo tersebut, diduga benda sejenis alat pendeteksi yang digunakan di air ataupun sejenisnya. Ada pun fisik dari benda tersebut memiliki panjang sekitar 2 Meter, diameter lingkaran 100 cm, berat 300 Kg, warna merah pudar.

Benda tersebut berbahan baku casing fiber dan alumenium bagian dalam, terdapat gulungan tali dan kabel warna hitam. Selain itu tidak terdapat rangkaian bahan peledak dan pemicu peledak. Terdapat beberapa tulisan bahasa Cina.

"Bentuk fisik ujung runcing tumpul, sayap berjumlah 4 buah bahan alumenium," ujarnya.

Warga desa Pengudang menemukan benda mirip rudal yang berada di pantai Kampung Pengudang Dalam Dusun 2, desa Pengudang Bintan pada kordinar
Utara: 01.10.270, Timur: 10.430.416.

Jaswir juga menjelaskan, temuan benda milik rudal tersebut oleh Ajis warga setempat, diketahui Senin (15/1/ 2017) sekitar pukul 05.00 wib. Saat pergi ke lokasi dengan tujuan untuk mengangkat bubuh penangkap ikan dan sekitar 50 M dari bibir pantai melihat ada benda terapung seperti kayu, kemudian mendekatinya untuk memastikan benda yang terapung berbentuk rudal.

Selanjutnya warga yang menemukan, memberitahukan pada rekannya dan saat kembali ke pantai, melihat benda tersebut sudah berada di tepi pantai, karna terbawa arus air laut.

Pada hari Selasa, (17/1/ 2017) pukul 07.00 wib, temuan tersebut diinformasikan kepada pihak kepolisian dan Posal setempat. Hingga akhirnya benda tersebut, berhasil di evakuasi dan identifikasi oleh Pers Satbrimob Subden 2 Pelopor Polda Kepri dipimpin Danki Subden A kompi 2 Polda Kepri dan Pers Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV Tanjunginang.

Editor: Yudha