Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelatih Anyar Louis van Gaal Pensiun dari Sepak Bola
Oleh : Redaksi
Selasa | 17-01-2017 | 13:02 WIB
Louis-Van-Gaal1.jpg Honda-Batam

Pelatih Anyar Louis van Gaal Pensiun dari Sepak Bola. (Foto: CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kegagalan bersama Manchester United tampaknya bakal menjadi akhir karier kepelatihan Louis van Gaal. Manajer asal Belanda itu lebih memprioritaskan keluarga ketimbang kembali berprofesi sebagai juru taktik.

Van Gaal merupakan salah satu pelatih top dunia yang pernah sukses bersama Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Bayern Munich.

Ia juga berhasil mengantar timnas Belanda ke semifinal Piala Dunia 2014. Sayang, tim Oranye kandas di tangan Argentina dan hanya mampu meraih peringkat tiga usai menaklukkan tuan rumah, Brasil, tiga gol tanpa balas.

Prestasi mentereng van Gaal mulai meredup setelah tak mampu mendongkrak pamor Manchester United di level domestik maupun Eropa. Posisinya bahkan digeser mantan asistennya di Barca, Jose Mourinho.

"(Setelah Manchester United), Saya pikir saya akan berhenti melatih, tapi kemudian saya mengubahnya menjadi cuti panjang. Tapi, saat ini saya tak memikirkan untuk kembali melatih," kata van Gaal dikutip Telegraaf.

Telegraaf juga melaporkan, suami dari salah satu puteri van Gaal baru saja meninggal bulan lalu. Hal ini yang memberatkannya untuk kembali melanglang-buana jauh dari rumah. Van Gaal sendiri mengungkapkan bahwa ia baru saja menampik tawaran melatih di Timur Tengah.

Meski menyatakan pensiun, pelatih 65 tahun itu masih menyimpan hasrat untuk kembali melatih suatu saat nanti.

"Saya bisa saja pergi ke sana (luar negeri), tapi sekarang saya masih di sini. Banyak hal yang terjadi di dalam keluarga saya," ujar van Gaal ketika ditanya peluang untuk kembali melatih di luar negeri.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha