Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batik Motif Padi Emas Bakal Jadi Ikon Batik Kabupaten Bintan
Oleh : Ismail
Selasa | 17-01-2017 | 10:14 WIB
Batik-Bintan1.jpg Honda-Batam

Pemerintah Kabupaten Bintan akan menetapkan batik motif padi emas sebagai ikon Bintan. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan akan menetapkan batik motif padi emas sebagai ikon Bintan. Hal tersebut disampaikan Bupati Bintan, Apri Sujadi saat membuka gelaran Galeri Dekranasda Bintan di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Megat Seri Rama Bintan, belum lama ini.

"Rencananya motif padi emas akan kita jadikan ikon batik di Bintan," sebut Apri sambil melihat beberapa motif yang batik yang dipajang di Gedung LAM Bintan.

Pemilihan motif Batik Padi Emas ini, terang Apri, sudah dipertimbangkan sesuai dengan asal-usul sejatah motif tersebut. Karena, sebuah ikon daerah haruslah sesuai dengan apa yang menjadi ciri khas daerah itu sendiri.

"Untuk menambah kesan istimewa serta kekhasan suatu daerah, perlu adanya ikon baru yang mencerminkan tentang daerah itu sendiri. Hal tersebut bertujuan agar menambah minat wisatawan yang berkunjung ke Bintan dan membawa kembali cindera mata sebagai tanda ia pernah ke Bintan," ujar Apri.

Selain itu, Apri juga menambahkan, Dekranasda merupakan mitra Pemerintah Daerah dalam rangka membangun masyarakat bintan melalui tangan-tangan terampil para seniman yang banyak tersebar di setiap kecamatan. Untuk itu, perlu sebuah sinergitas antara pemerintah daerah dan dekranasda serta lembaga lainnya untuk dapat mewujudkan apa yang menjadi visi dan misi pemerintah kabupaten bintan menuju kabupaten yang gemilang disegala bidang.

Oleh karena itu, Pemkab Bintan menargetkan Dekranasda mampu melahirkan para pengrajin souvenir yang dikelola secara profesional mulai dari pembuatan sampai packing. Jika produksinya sudah memenuhi kriteria, maka nantinya dapat dipasarkan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bintan.

"Begitu besar potensi dan begitu banyak peluang yang dimiliki kabupaten bintan untuk dapat bersaing, tinggal bagaimana pemerintah dapat memberdayakan para pengerajin untuk mampu berkiprah dalam rangka meningkatkan ekonomi," terang Apri.

Editor: Yudha