Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Cara Membantu Anak Mencari Cita-citanya
Oleh : Redaksi
Minggu | 15-01-2017 | 16:30 WIB
anak-anak.JPG Honda-Batam

Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketika masih di tingkat Taman Kanak-kanak (TK), dan Sekolah Dasar (SD), wali kelas pasti menanyakan apa cita-cita muridnya. Satu per satu setiap murid disuruh mengacungkan jarinya, dan menjawab cita-citanya.


Ada yang menjawab ingin menjadi penulis, pilot, dokter, TNI, polisi, guru, presiden, ulama, pengusaha, dan lain sebagainya. Dan mungkin kita sendiri pernah mengalaminya ketika masih anak-anak.

Seberapa pentingkah cita-cita bagi seorang anak? Sungguh sangat penting, karena cita-cita inilah yang memotivasinya sepanjang pertumbuhannya sampai kelak ia dewasa. Biasanya anak-anak yang sudah menanamkan cita-citanya, saat ia dewasa menjadi apa yang ia cita-citakan.

Misalnya saja mantan Presiden BJ Habibie yang sejak kecil bercita-cita ingin membuat pesawat terbang. Cita-cita itu pun mengantarkannya menjadi seorang pembuat pesawat terbang pertama kali di Indonesia. Sungguh besar jasa beliau untuk bangsa kita, Indonesia Raya.

Karena ini pula negara Internasional tidak bisa menyepelekan Indonesia. Itu adalah salah satu pembuktian bahwa anak bangsa kita sangat jenius, hebat, dan diperhitungkan.

Dalam kehidupan ini tidak ada yang mustahil. Meskipun cita-cita setinggi langit. Asalkan cita-cita tersebut diiringi dengan belajar gigih, kerja keras, dan melibatkan Tuhan, Allah SWT dalam prosesnya.
Jika proses itu dilaksanakan maka jadilah apa yang ingin dicita-citakan. Dan ingat! Modal utama untuk meraih cita-cita adalah optisme.

Editor: Surya