Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baru Satu Sekolah Negeri di Tanjungpinang yang Siap Laksanakan UNBK
Oleh : Habibi Khasim
Jum'at | 13-01-2017 | 16:28 WIB
ilustrasiunbk.jpg Honda-Batam

Ilustri para siswa yang sedang melaksanakan UNBK. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengeluarkan surat edaran nomor 1 tahun 2017 tentang pelaksanaan ujian nasional dengan berbasis komputer (UNBK). Menteri mengimbau agar seluruh sekolah melakukan ujian dengan sistem UNBK. Meskipun sejak tahun 2016 telah diperingatkan, tapi di Tanjungpinang malah baru 1 sekolah negeri yang siap laksanakan UNBK, yaitu SMP Negeri 1 Tanjungpinang.

 

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Huzaifa Dadang Abdul Gani mengatakan, untuk sekolah negeri memang baru satu sekolah, namun untuk sekolah swasta ada 5 sekolah yang telah siap untuk mengikuti ujian nasional berbasis komputer.

"Untuk UNBK kita sudah dapat edarannya, dan kita sudah mencarikan solusi untuk siswa di sekolah yang belum memiliki komputer yang lengkap, yaitu menumpang disekolah lain. Untuk Tanjungpinang, yang sudah siap melakukan UNBK ada 6 sekolah, 1 negeri dan selebihnya swasta," terang Dadang saat dihubungi, Jumat (13/1/2017).

Sekolah swasta memang lebih siap melakukan UNBK daripada sekolah negeri. Sekolah swasta yang telah siap tersebut, kata Dadang adalah, SMP Maitreya Wira, Pelita Nusantara, SMP Djuwita, SMP Almadinah dan SMP Katolik.

Dadang mengatakan bahwa bukan tidak mau mengusahakan, namun memang dikarenakan defisit yang melanda Tanjungpinang, maka hal itu diurungkan.

"Tapi tahun ini kita akan mulai secara bertahap untuk mengadakan komputer. Selain itu juga Pemerintah Pusat juga tahun ini akan menggelontorkan 80 ribu komputer, mudah-mudahan kita juga kebagian," tutur Dadang.

Editor: Dardani