Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekolah Rekomendasikan Beli LKS di Toko Tertentu, Kadisdik Panggil Seluruh Kepsek
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 09-01-2017 | 12:38 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Kisruh pembelian LKS secara berdesak-desakan di SP Plaza Batuaji pada Kamis (05/1/2017) malam membuat Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Muslim Bidin memanggil seluruh kepala sekolah.

Pasalnya, pada tahun lalu Walikota Batam, Muhammad Rudi telah melarang sekolah untuk menjual LKS kepada wali murid. Namun dengan adanya kejadian tersebut, Muslim bergerak cepat memanggil 170 kepala sekolah.

"Kemarin sudah saya panggil seluruh kepala sekolah terkait kejadian ini. Ada 170 kepala sekolah yang saya panggil dari tingkat SDN dan SMPN sederajad," kata Muslim Senin (9/1/2016).

Dari hasil pertemuan tersebut, Muslim mengaku ada rekomendasi dari pihak sekolah agar wali murid membeli buku di toko tertentu. Namun demikian ia belum melakukan tindakan tegas.

"Ada rekomendasi dari sekolah, seharusnya tidak boleh. Saya akan cari kepala sekolah mana saja itu," katanya.

Menurutnya, hampir rata-rata kepala sekolah menyarankan para orangtua untuk membeli LKS. Ia mengaku akan menindak tegas sekolah-sekolah yang terbukti melanggar aturan tersebut.

"Kami akan tindak tegas kepala sekolah yang kedapatan bermain," katanya.

Sanksi tegas berupa mutasi dan pemecatan bisa saja diterima, tergantung kesalahan sekolah. Karena kepala sekolah tidak mengikuti aturan pemerintah.

"Nanti biar pak Walikota yang menentukan kepala sekolah yang bersalah," pungkasnya.

Editor: Yudha