Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan Kendaraan Terjaring Razia Satlantas Polresta Barelang
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 06-01-2017 | 18:14 WIB
razia-di-depan-Mapolresta-Barelang.gif Honda-Batam

Wakasat Lantas Polresta Barelang, AKP Toni Rido, tengah mengecek kelengkapan dokumen pengendara (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Barelang menggelar razia rutin di depan Mapolres, Jumat (6/12/2017). Kegiatan tersebut dilakukan untuk menindak para pelaku yang tidak mentaati peraturan lalu lintas.

Pantauan di lokasi, puluhan kendaraan roda dua terjaring karena melakukan melanggar peraturan berlaku lintas. Wakasat Lantas, AKP Toni Rido, mengatakan, untuk kegiatan kali ini, pihaknya memfokuskan razia terhadap pengendara roda dua.

"Kegiatan ini dilakukan untuk mengecek masyarakat apakah mulai kendor dalam mentaati peraturan lalu lintas," ungkapnya.

Dilanjutkan, pihaknya akan melakukan pengecekan mulai dari dokumen kendaraan, seperti STNK, SIM, hingga kelengkapan standar sepeda motor, seperti kaca spion, menggunakan knalpot bersuara keras serta tidak mengenakan helm.

"Kebanyakan yang terjaring razia, mereka tidak bisa menunjukkan SIM. Ada juga yang kendaraanya mati pajak. Namun untuk pajak akan diingatkan supaya membayarnya," tambah Toni.

Menurut Toni, sejauh ini kesadaran masyarakat akan pentingnya taat berlalu lintas sudah cukup baik. Hal itu mulai dilihat dari kelengkapan berkendara, masyarakat sudah mengenakan helm sesuai standar.

"Kesadaran masyarakat sudah cukup baik. Hal itu bisa dilihat dari jumlah korban meninggal dunia yang terjadi di 2016 menurun dibanding 2015, meski dari kuantitas jumlah kecelakaan meningkat," lanjutnya.

Editor: Udin