Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Camat dan Lurah Harus Kontrol

Atasi Penumpukan Sampah, 72 Bin Kontainer Telah Disebar
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 04-01-2017 | 12:14 WIB
Fairuz-batubara1.jpg Honda-Batam

Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah, Fairuz Batubara. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) menyatakan sudah menyebar 72 unit bin kontainer untuk menampung sampah yang telah dikumpulkan dari pemukiman masyarakat.

 

Kabid Kebersihan, Fairus Batubara menjelaskan bin kontainer di wilayah Sekupang ada 10 unit, Batuaji 10 unit, Sagulung 11 unit, Seibeduk 10 unit, Nongsa 11 unit, dan 10 unit bin kontainer tersebar di Batuampar, Bengkong dan Lubukbaja. Namun demikian peletakan bin kontener di setiap wilayah tentunya guna mengatasi tumpukan sampah.

"Totalnya keseluruhan ada 80, 72 sudah kami sebar sisanya ada cadangan dan diletakkan di atas armada dump truck saat pengangkutan," kata Kabid Kebersihan, Fairus Batubara Rabu (04/01/2017).

Fairus berharap peletakan bin kontainer disetiap tempat pembuangan sementara (TPA) per-kecamatan bisa mengurangi tumpukan-tumpukan sampah. Ia mengaku, perangkat Kecamatan dan Lurah untuk membantu mengontrol pengangkutan sampah dari sumber rumah tangga ke bin sampah kontainer.

"Kecamatan kan sudah diberi wewenang mengangkutan sampah dari rumah warga ke TPS. Jadi perangkat yang dibawah harus terus mengontrol bin kontener diwilayah masing-masing," tegasnya.

Ia mengatakan, penempatan bin kontener tersebut diprioritaskan pada kecamatan yang jumlah penduduknya banyak, selanjutnya pihaknya juga akan mendata kecamatan mana yang volume sampahnya dalam perhari mencapai puluhan hingga ratusan ton.

Ia menuturkan, pihaknya sedang mendata kebutuhan bak sampah ditiap kecamatan sesuai dengan volume dan jumah penduduk agar pelayanan ditiap kecamatan tidak timpang.

"Tentu kami berharap agar persoalan sampah di Batam bisa teratasi dan sudah tak ada lagi masyarakat yang membuang sampah dipinggir-pinggir jalan. Kami juga berharap kesadaran masyarakat untuk selalu membuang sampah pada tempatnya," pungkasnya.

Editor: Yudha