Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolda Kepri Minta Satpam Tingkatkan Konpetensi
Oleh : Hadli
Jum'at | 30-12-2016 | 18:50 WIB
Kapolda-Irjen-Sam-Budigusdian.gif Honda-Batam

Kapolda Kepri, Irjen Pol Sam Budigusdian (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian meminta Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujabi) meningkatkan kompetensi Satpam agar mampu menjalankan tugas dengan baik.

"Seluruh Satpam harus meningkatkan kompetensi dan kemampun teknik. Kemampuan bahasa Ingris juga penting," kata  Kapolda usai memimpin upacara Hari Ulang Tahun Satpam ke-36 di Polda Kepri, Jumat (30/12/2016).

Tugas pengamanan, khususnya Kawasan Ekonomi Khusus Batam, semakin kompleks. Untuk itu, kata Sam, Polda Kepri telah menyiapkan modul-modul pelatihan bagi para Satpam sesuai tingkatan yang diinginkan oleh lembaga penyalur jasa pengamanan.

"Perusahaan jasa pengamanan ingin Satpamnya kualifikasi apa, kami ada modulnya. Dari latihan dasar garda pratama hingga latihan lanjutan," kata dia.

Personil Satpam, tambahnya,  setidaknya harus mengikuti latihan dasar sebagai modal mengatasi segala ancaman saat mereka bertugas khususnya di Batam yang banyak perusahaan asing, dan aset-aset penting lain.

"Anggota Satpam harus memiliki keterampilan, beretika. Bukan tidak mungkin suatu saat jasa pengamanan ini berkembang hingga ke pengawal pribadi atau pengamanan khusus lain," tuturnya.

Ketua Abujabi Kepri, M Al Ichsan, mengatakan saat ini baru sekitar 40 persen dari 17.000 Satpam yang memiliki kompetensi, sementara Garda Madya baru sekitar 8 persen.

"Di antaranya delapan ribu Satpam berada di Batam. Untuk itu, kami tengah persiapkan agar semua bisa mengikuti pendidikan. Kami akan tingkatkan kompetensi seluruh Satpam di Kepri," kata dia.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Assosiasi Profesi Sekuriti Indonesia (APSI) Kepri, Ahmad Arifin, mengatakan jumlah Satpam di Kepri yang ada saat ini sudah mencukupi untuk memenuhi permintaan jasa pengamanan berbagai instansi.

Editor: Udin