Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari Kemacetan Malam Tahun Baru

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang akan Dilakukan Polresta Barelang
Oleh : Romi Candra
Kamis | 29-12-2016 | 16:02 WIB
kasat-lantas-andar.jpg Honda-Batam

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Andar Sibarani. (Foto: Batamtoday.com)

 

BATAMTODAY.COM, Batam - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Barelang telah mempersiapkan rute-rute untuk pengendara menghindari kemaceyan pada pesta perayaan pergantian tahun 2016-2017.

 

Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan beberapa titik parkir kendaaraan di dekat lokasi yang diperkirakan menumpuknya masyarakat untuk merayakannya, yakni dataran Engku Putri.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Andar Sibarani, mengatakan, pihaknya mulai mempersiapkan jalan yang akan dialihkan sejak pagi, mulai dari pemasangan garis polisi (police line) di u-turn dan sebagainya. Namun pelaksanaannya, akan dilakukan sejak pukul 15.00 WIB, Sabtu (31/12/2016).

"Nantinya kita akan fokus pada pengaturan lalu lintas dan akan diback up oleh Dirlantas Polda Kepri," ungkap Andar, Kamis (29/12/2016) siang.

Dijelaskan Andar, pada malam pergantian tahun nanti, masyarakat awalnya akan berada di pinggir pantai yang langsung terlihat Singapura. Pasalnya, waktu tahun baru lebih cepat satu jam di Singapura.

"Biasanya kalau ada pesta kembang api di Singapura akan terlihat dari Batam. Karena itu masyarakat banyak berada di pinggir pantai sekitar pukul 23.00 WIB," jelasnya.

Kemudian, titik kumpul masa akan beralih ke Dataran Engku Putri pada pukul 00.00 WIB. Namun menjelang waktu tersebut, masa akan memadati jalan raya untuk menuju lokasi.

"Sesuai informasi yang kita dapat, nantinya akan ada pesta kembang api di Dataran Engku Putri, sehingga masyarakat akan berkumpul disana. Kita juga sudah mempersiapkan beberapa lokasi untuk parkir kendaraan," tambahnya.

Sementara pengaturan lalu lintas nantinya lanjut Andar, ada beberapa jalan yang dialihkan, yakni dari Ocarina harus lurus ke Bundaran BP Batam dan menuju ke Mega Mall. Kemudian kendaraan lurus ke Panasonic.

Sedangkan kendaraan dari Simpang Frengky menuju bundaran BP Batam, akan dialihkan Simpang Gelael dan kemudian belok ke arah Ocarina.

"Pada intinya, jalan yang mengarah ke Dataran Engku Putri akan disterilkan dari kendaraan, sehingga tidak terjadi kemacetan parah," lanjutnya.

Selain itu, untuk rute kawasan Jembatan Barelang, akan dimaksimalkan pengaturan lalu lintas pada siangnya, setelah perayaan tahun baru pada malamnya.

"Untuk Barelang kebiasaan masyarakat memanfaatkan siang harinya untuk membawa keluarga berlibur. Jadi pengaturannya akan dimaksimalkan pada siangnya," tambah Andar lagi.

Pengaman tersebut, pihaknya akan menutup akses mulai dari Jembatan 3 menuju ke tembesi pada pagi hingga siang. Hal itu dikarenakan arus akan padat dengan kendaraan masyarakat yang akan pergi berlibur.

Begitu juga sebaliknya. Arus dari Tembesi menuju Jembatan Barelang akan ditutup mulai pukul 15.00 hingga malamnya, dikarenakan padatnya kemdaraan yang balik dari arah Jembatan Barelang.

"Kepadatan itu terjadi karena masyarakat bepergian maupun pulangnya secara dengan waktu bersamaan. Yang jelas kita akan melakukan upaya maksimal untuk menghindari kemacetan," pungkasnya.

Editor: Dardani