Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wahhh.. Wasit ini Beri Penalti karena Kiper Handball
Oleh : Redaksi
Rabu | 28-12-2016 | 12:55 WIB
Wasit-kondang-kiper-handball1.jpg Honda-Batam

Cuneyt Cakir merupakan wasit peringkat ketiga terbaik dunia pada 2015. (Foto: AFP PHOTO/ODD ANDERSEN)

BATAMTODAY.COM, Batam - Salah satu wasit terbaik Eropa, Cuneyt Cakir, membuat salah satu keputusan terburuk sepanjang kariernya ketika memimpin pertandingan Super Lig Turki antara Rizespor dan Osmanlispor, Minggu (25/12/2016).

 

Cakir memberikan dua tendangan penalti di pertandingan tersebut. Penalti pertama diberikan wasit 40 tahun itu pada tuan rumah Rizespor di menit ke-67.

Penalti diberikan Cakir untuk Rizespor secara kontroversial. Pria yang menjadi wasit peringkat ketiga terbaik dunia pada 2015 itu menunjuk titik putih setelah pemain Osmanlispor, Zydrunas Karcemarskas, melakukan handball.

Menariknya, Karcemarskas adalah seorang kiper. Cakir salah mengidentifikasi Karcemarskas sebagai pemain out-field (non-kiper) dalam perebutan bola udara di kotak penalti Osmanlispor.

Cakir pun tidak menggubris protes para pemain Osmanlispor. Selain itu, wasit yang memimpin final Liga Champions 2015 itu juga tidak melakukan konsultasi dengan hakim garis.

Beruntung bagi Osmanlispor, Jakob Jantscher gagal mengeksekusi penalti.

Setelah momen tersebut, tim tamu justru sukses memastikan kemenangan lewat eksekusi penalti yang didapat di pengujung pertandingan. Tendangan penalti Musa Cagiran pada menit ke-91 membawa Osmanlispor mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 1-0.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha