Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Aman Berkendara dengan Hewan Peliharaan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 24-12-2016 | 11:26 WIB
Tips-aman-berkendara-dengan-hewan-peliharaan1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Mengajak hewan peliharaan kesayangan Anda berkendara tentu akan sangat menyenangkan. Namun, menjaga keselamatannya bisa menjadi hal yang merepotkan, mengingat mereka memiliki sifat yang berbeda dengan manusia.

Sebelum berkendara dengannya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar keselamatan Anda berdua terjaga. Kursi khusus hewan peliharaan bisa menjadi salah satu opsi untuk melindunginya. Biasanya kursi ini dibuat kuat menahan benturan, aman, nyaman karena dilengkapi dengan sabuk pengaman khusus.

Pastikan jendela dalam keadaan terkunci. Apabila Anda mengizinkan hewan peliharaan untuk menjulurkan kepalanya keluar dari jendela, jangan membukanya terlalu lebar. Anda tak ingin hewan peliharaan kesayangan melompat keluar saat mobil melaju cukup kencang bukan.

Selanjutnya, pastikan membawa persediaan yang dibutuhkan hewan peliharaan secukupnya, seperti makanan dan minuman. Pastikan Ia tak dehidrasi karena kekurangan air, sehingga tak menyebabkan permasalahan lainnya.

Apabila Anda berencana meninggalkannya sebentar di mobil, sebaiknya urungkan niat tersebut. Pastikan tidak pernah meninggalkannya sendirian, khususnya di siang hari. Mengapa? Karena suhu dalam kabin mobil akan meningkat secara drastis, meski jendela sudah dibuka seluruhnya. Bayangkan jika Anda berada di posisinya, tentu kondisi tersebut sangat tak menyenangkan.

Terakhir adalah beristirahat secara berkala. Sama seperti manusia, hewan peliharaan akan merasa lelah dan bosan apabila berjalan terlalu lama. Berhentilah untuk beristirahat sejenak, hal ini juga baik bagi Anda untuk mengumpulkan tenaga kembali agar dapat berkendara dengan fokus.

Sumber: Otosia.com
Editor: Yudha