Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

We Are the Champions, Lagu Paling Diingat Sepanjang Masa
Oleh : Dodo
Rabu | 05-10-2011 | 12:15 WIB
queen.jpg Honda-Batam

Queen, kelompok rock legendaris pencipta tembang 'We Are The Champions'.

LONDON, batamtoday - Hit single legendaris "We Are the Champions" dari Queen adalah lagu yang paling mudah diingat, menurut sebuah penelitian ilmiah. Para ilmuwan di Universitas Goldsmiths, London, Inggris telah melakukan penelitian tentang karakteristik yang bisa membuat sebuah lagu menjadi mengesankan, dan mereka telah menemukan sepuluh lagu yang mudah diingat oleh umat manusia tersebut.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, para ilmuwan ini menonton ribuan relawan menyanyi beberapa lagu, dan mereka berhasil menemukan 4 ciri-ciri di lagu yang mudah diingat. Ciri-cirinya antara lain kalimat yang panjang dan rinci, beberapa perubahan nada, vokalis pria dan falsetto laki-laki.

Seperti dilansir Rolling Stone, Psikolog Musik Dr. Daniel Mullensiefen mengatakan, "Semua hit single membutuhkan matematika, ilmu pengetahunan, teknik dan teknologi. Dari fisika dan frekuensi suara yang akan menentukan nada dan harmoni, sampai ke prosesor digital yang sangat bagus dan synthesizers yang bisa membawa lagu tersebut untuk mudah diingat".

Dengan metode tersebut, para ilmuwan menemukan "We Are the Champions" sebagai single yang paling diingat oleh orang, dan single tersebut diikuti single lain seperti "Y.M.C.A" dari The Village People, "Fat Lip" dari band Sum 41, "The Final Countdown" dari band Europe hingga "Monster" yang di bawa oleh The Automatics.