Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Kemampuan Meneliti

STAI MU Gelar Workshop Internasional Metodologi Penelitian Rasch Model
Oleh : Ismail
Senin | 19-12-2016 | 13:02 WIB
STAI-MU1.jpg Honda-Batam

Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Mitahul Ulum (Stai MU) Tanjungpinang menggelar Workshop Internasional Metodologi Penelitian Rasch Model di Hotel Sunrise Jalan Arif Rahman Hakim, Senin (19/12/2016).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk meningkatkan kemampuan dalam ‎penelitian ilmiah, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Mitahul Ulum (Stai MU) Tanjungpinang menggelar Workshop Internasional Metodologi Penelitian Rasch Model di Hotel Sunrise Jalan Arif Rahman Hakim, Senin (19/12/2016).

 

Pelatihan yang diikuti 62 peserta yang terdiri dari dosen Perguruan Tinggi Negeri dan swasta, serta guru sekolah ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan penelitian ilmiah.

Ketua Stai MU Tanjungpinang, Amir Husin saat pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, penelitian ilmiah merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas pokok setiap dosen di Perguruan Tinggi. Selain itu, para guru di setiap sekolah juga dituntut melaksanakan penelitian ilmiah demi kenaikan pangkat dan golongan.

"Peningkatan kemampuan dalam penelitian ilmiah ini penting dilaksanakan. Karena, terkait dengan kenaikan pangkat dan golongan seorang dosen dan guru," ujarnya.

Ditambahkan Amir Husin, metodologi penelitian Rasch Model ini merupakan alat analisis yang dapat menguji validitas (kesahan) dan reliabilitas instrumen riset. Saat ini, lanjutnya, metodologi Rasch Model adalah aplikasi teknik analisis yang paling valid dibandingkan teknik analisis lainnya.

Untuk itu pihaknya sengaja mengundang penemu serta penulis buku teknik tersebut yang berasal dari Universitas Malaya, Malaysia menjadi narasumber.

"Teknik analisi Rasch Model ini merupakan teknik analisis yang paling valid untuk mempermudah penelitian di bidang sosial," ungkap Amir Husin.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan tersebut, Rosnawati menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Perguruan Tinggi dan sekolah melalui analisis riset.

"Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan para peserta, sehingga dapat menghasilkan jurnal-jurnal bertaraf Nasional dan Internasional," harapnya.

Editor: Yudha