Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemuda dan Mahasiswa Promotor Utama Pancasila Abadi
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 17-12-2016 | 12:41 WIB
Djasarmen-Purba.jpg Honda-Batam

Anggota DPD RI, Djasarmen Purba. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mengingat peserta acara sosialisasi 4 pilar MPR RI adalah terdiri dari mahasiswa, maka mahasiswa dan pemuda umumnya justru diharapkan menjadi promotor utama Pancas Sila dan Empat Pilar MPR RI secara seutuhnya.

 

Mahasiswa dan pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus memahami satu sama lain.
Indonesia bermacam-macam suku dan agama. Harus mencermati dengan rasional, berharapkan
banyaknya suku dan beragama, tidak merapuhkan kebangsaan.

Ancaman-ancaman saat ini sangat sering terjadi di Indonesia, dari media sosial, masyarakat luas tanpa terkecuali mahasiswa langsung mengetahui. Hal ini menjadi begitu sangat urgent dan menetukan, ketika belakangan ini muncul semacam gagasan dan gerakan untuk mengganti Pancasila kepada ideology yang lainnya, misalnya komunisme.

Djasarmen Purba, SH, anggota DPD RI Dapil Kepri mengatakan, Indonesia dibentuk diatas dasar perbedaan dan keberagaman dan ini justru menjadi kekuatan Indoensia sebagai bangsa dan Negara. Negara Indonesia adalah negara hukum, yang bermakna bahwa hukum harus dijunjung tinggi dan ditegakkan. Setiap kegiatan dalam negara harus berdasar pada hukum, dan setiap warganegara harus tunduk dan taat pada hukum. Apabila ada warganegara yang tidak mau tunduk dan tidak mematuhi hukum, maka adalah hak asasi aparat penyelenggara pemerintahan dalam menegakkan hukum.

"Manusia didudukkan sesuai dengan harkat dan martabatnya, tidak hanya setara, tetapi juga secara adil dan beradab. Pancasila menjunjung tinggi kedaulatan rakyat, namun dalam implementasinya dilaksanakan dengan bersendi pada hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan," katanya dalam acara sosialisasi 4 pilar MPR RI ini dilakukan di hadapan ratusan mahasiswa GICI BUssines School Batam, dan bertempat di Aula Kampus GICI Kepri Mall Batam Kota.

Sedang kehidupan berbangsa dan bernegara ini adalah untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bukan untuk kesejahteraan perorangan atau golongan. Nampak bahwa Pancasila sangat tepat sebagai pilar bagi negara-bangsa yang pluralistik.

Djasarmen Purba, dalam kesempatan tersebut kembali menegaskan bahwa mutlak sifatnya bagi seluruh unsur dan elemen Bangsa untuk menjaga persatuan dan kesatuan secara utuh dan mutlak.

Acara Ini sendiri adalah sebagai mana amant UU yang menegaskan bahwa salah satu fungsi Utama MPR RI adalah untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI, dimana MPR RI secara kelembagaan telah membentuk alat kelengkapan yakni Badan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

Editor: Yudha