Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Pergantian Tahun Baru 2011

Pengamanan Tempat Rekreasi dan Mall Diperketat
Oleh : Hendra Zaimi
Jum'at | 31-12-2010 | 09:23 WIB

Batam, batamtoday - Polresta Barelang akan memperketat pengamanan menjelang malam pergantian tahun baru 2011, dengan menempatkan personil dan pos pengamanan di beberapa titik kegiatan masyarakat, antara lain tempat rekreasi dan tempat ibadah.

Demikian diungkapkan Kapolresta Barelang, Kombes Pol Eka Yudha Satriawan kepada batamtoday di Mapolresta Barelang, Kamis (30/12).

"Kita akan terjukan sebanyak 1.000 personil untuk pengamanan malam pergantian tahun baru 2011," kata Eka.

Dia menambahkan, 2/3 personil tersebut berasal dari kepolisian Polresta Barelang yang di back-up dari personil Polda, sedangkan sisanya berasal dari personil TNI.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan pergantian tahun baru Batam, terpusat di alun-alun kota Batam di Batam Centre, masyarakat datang berbondong-bondong untuk menyaksikan pesta kembang api yang diadakan oleh Pemerintah kota Batam, sehingga membuat kemacetan di daerah tersebut, hal ini yang perlu perhatian dan pengamanan lebih dari pihak kepolisian.

Selain di alun-alun kota Batam, kepadatan warga batam juga terlihat di berbagai tempat rekreasi pantai yang ada di kota Batam, seperti di Pantai Nongsa, Marina City, Ocarina, Tanung Pinggir dan Jembatan 1 Barelang.

"Tempat-tempat itu mendapatkan pengamanan ekstra dari pihak kita, berdasarkan pengalaman dari tahun sebelumnya," tambah Eka.

Dalam menyambut pergantian tahun baru 2011, polisi juga akan melakukan sterilisasi terhadap gereja-gereja besar di Batam, seperti pengamanan sebelumnya saat perayaan Natal kemarin, dalam melakukan kegiatan itu nantinya polisi akan melibatkan personil dari Brimob Polresta Barelang.

Untuk mengantisipasi hal lain yang tidak diinginkan terjadi pada saat malam pergantian tahun baru, polisi juga akan melakukan razia petasan, yang marak beredar dan dijual pada saat menjelang perayaan pergantian tahun baru.

Kepolisian menghimbau kepada seluruh masyarakat, supaya dapat melakukan hal yang positif dalam menyambut pergantian tahun baru, serta menghindari dan melakukan tindakan yang dapat merugikan orang lain, sehingga tercipta keadaan kota Batam yang kondusif pada momen tersebut.