Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BLH Lingga akan Siapkan TPS untuk Kelurahan Pancur
Oleh : Bayu Yiyandi
Selasa | 06-12-2016 | 10:26 WIB
goro-knpi-lingga2.jpg Honda-Batam

Peserta Goro Massal KNPI dan BLH Lingga di Kelurahan Pancrur membersihkan sampah di laut. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Pada tahun 2017 mendatang, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Lingga akan segera menyiapkan tempat pembuangan sampah (TPS) bagi masyarakat Kelurahan Pancur, Kecamatan Lingga Utara.

Penyiapan TPS oleh BLH Lingga guna mengatasi permasalahan sampah yang ada di Kelurahan tersebut.

"2017 kita sudah siapkan usulan pengajuan TPS untuk kelurahan Pancur," kata Junaidi Adjam, Kepala BLH Lingga kepada media ini, Senin (05/12/2017)

Dia mengatakan, pengajuan TPS di 2017 nantinya akan dibagi dalam dua item yakni pertama pengajuan berbentuk sampan/pompong fiber lengkap dengan peralatan untuk sungainya dan penyiapan lahan untuk di daratnya.

Namun untuk sementara waktu ini dikatakan Junaidi, dirinya telah menyiapkan satu tenaga harian lepas (THL) khusus disungai untuk penanganan sampah di Kelurahan tersebut.

"Sementara waktu ini kita siapkan satu THL dulu untuk memungut sampah-sampah yang ada di sungai. Tapi untuk kedepannya segera kita tambah dan juga akan disiapkan TPS beserta dengan pengelohannya sekali," ungkap Junaidi.

Hal itu, lanjut Junaidi, merupakan tindak lanjut dari pihaknya mengenai tidak adanya TPS di Kelurahan Pancur tersebut sehingga membuat alasan masyarakat untuk membuang sampah ke sungai maupun laut.

Namun setelah TPS disiapkan nantinya, ia pun berharap jangan lagi ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Dan tidak ada lagi sampah yang terlihat mengapung.

"Kita berharap yang terpenting kesadaran masyarakat. Kalau kita adakan pengajuan TPS ini pun, tapi masyarakat tetap saja buang sampah ke sungai itu sama saja. Tapi kalau tidak kita siapkan, kita salah juga. Insyaallah di 2017 mendatang kita siapkan hal-hal yang mengenai penangan sampah di Lingga ini," terang Junaidi.

Editor: Yudha