Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Langkah Mudah Saat Bingung Menentukan Jurusan Pendidikan
Oleh : Redaksi
Senin | 05-12-2016 | 11:50 WIB
Proses-Belajar-mengajar1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi Belajar.

BATAMTODAY.COM, Batam - Di sekolah kamu bakal menghadapi beberapa pilihan. Jurusan IPA, IPS, Bahasa atau kampus yang akan dituju? Menentukan pilihan utama dan masa depan bahkan sulit, saat kamu sudah memilih pun, terkadang pasti ada keraguan ditengah jalan, dan merasa tidak cocok.

 

Pilihan pertama adalah tenangkan pikiranmu. Kemudian langkah-langkah ini mungkin membantu:

1. Berbicara dengan konselor

Guru BK ataupun seorang konseler di sekolah memiliki tujuan untuk membantumu masuk kedunia dengan masyarakat yang produktif. Salah satunya dengan memasukanmu ke bidang yang kamu minati. Jadi, mulailah mencatat lagi dan menceritakan apa bidang yang minati dan kamu kuasai. Sehingga, kamu menyukai masa depan yang akan datang. Karena setiap kegiatan yang dilandasi rasa suka akan terasa ringan dihadapi.

2. Berbicara dengan Senior

Kamu bisa berbicara dengan senior yang tujuan sekolahnya sama. Mungkin kamu bisa belajar dari mereka, dan mendapatkan saran saat kamu sedang kebingungan. Jangan lupa juga bagaimana keluh kesah mereka.

3. Ikut Kelas Intensif

Jika kamu tertarik dengan dua hal, dan sulit untuk memilihnya atau kamu merasa kurang dengan apa yang kamu miliki. Kamu bisa mengikuti kelas intensif, sehingga kamu dapat mengetahui seberapa kemampuan kamu.

4. Melihat Pusat Karir

Disini kamu bisa berteu dengan profesional, pengusaha dan berbagai karir. Kamu mungkin bisa mendiskusikan dengan mereka, atau bertanya-tanya mengenai pekerjaan mereka, sehingga kamu sudah mantap untuk “bekerja sebagai apa”, sehingga kamu tidak lagi sulit untuk memilih jurusan yang kamu pilih.

5. Buatlah List

Mulai sekarang berlatihlah berselancar mengenai jurusan-jurusan diperguruan tinggi, atau mencari-cari tahu bagiaman jurussan yang disediakan disekolah yang akan kamu pilih. Luangkan waktumu untuk membuat daftar hal yang kamu sukai dan benci, kemudian cocokanlah dengan daftar jurusan yang ada.

6. Berbicara dengan orang tua

Orang tuamu mungkin menjadi seseorang yang tahu tentang kamu, mereka pasti akan mengarahkanmu kepada karir yang baik. Namun, jika pilihan kalian tidak sama pun kamu bisa mendiskusikan dengan orang tuamu. Pada akhirnya mereka hanya ingin kamu bahagia dengan pilihanmu.

Memiliki keraguan, tidak perlu merasa malu dan khawatir. Hal terbaik yang dapat kam lakukan untuk diri sendiri dalam situasi ini adalah merasa yakin bahwa ini adalah sebuah fase dalam hidupmu untuk meilih masa depan.

Pastikan kamu bahagia dalam bidang apapun yang kamu pilih karena jika kamu mencintai karirmu nanti, pekerjaanmu pun akan menjadi baik. Jangan menyerah untuk mengasah kemampuanmu dan menentukan masa depan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha