Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Mobil Murah Paling Diminati di Dunia
Oleh : Redaksi
Selasa | 29-11-2016 | 11:11 WIB
Daihatsu-Ayla1.jpg Honda-Batam

Daihatsu Ayla jadi salah satu mobil murah paling laris di Indonesia. 

BATAMTODAY.COM, Batam - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menaksir di 2017 konsumen masih mejadikan mobil murah sebagai pilihan. Lesunya industri dan daya beli menjadi faktor utama industri tetap memproduksi mobil murah agar mencapai target penjualan mobil di 1,1 juta unit.

 

Cenderung memiliki ukuran kecil daripada mobil mahal, tetapi pada umumnya pilihan mobil murah ini ideal bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Banyak produsen mobil di dunia berlomba-lomba menciptakan mobil murah dengan rentang harga yang berbeda-beda, mulai dari Rp60 juta sampai Rp100 juta.

Mesin sudah pasti menyesuaikan dengan harga yang dibanderol dengan rata-rata berkapasitas 800 cc sampai 1100 cc, tergantung tipe mobil yang dibeli. Berikut informasi tipe mobil termurah di dunia dikutip dari CNNIndonesia.com.

1. Hyundai i10

Ia menjadi salah satu mobil kecil yang banyak diminati saat ini. Tidak seperti mobil kota lainnya, i10 dilengkapi dengan lima pintu dan lima kursi.

i10 memiliki ruang kabin yang menganut konsep dua warna yakni hitam dan beige, yang mampu memberikan kesan begitu stylish. Selain itu, mobil ini juga dibekali Instrument Cluster lengkap dengan fitur layar LCD, Multi Information Display, Trip Computer, dan Warning Indicator.

Sementara pada bagian dapur pacunya sendiri, mobil Hyundai i10 dibekali dengan jenis mesin Kappa1.25 MPI D – VVT dengan kubikasi mesin sebesar 1.248 cc. Mesin tersebut diklaim akan mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 86 PS dengan putaran pada mesin 6.000 rpm. Sementara itu untuk torsi maksimum yang mampu dihasilkan mobil hyundai i10 ini sebesar 12.9 kgm dengan putaran pada mesin mencapai 5.000 rpm. Mobil ini dijual di bawah Rp100 Juta.

2. Peugeot 108 Hatchback

Mobil mini ini sebenarnya tidak hanya tersedia dalam bodi hatchback, TOP! juga termasuk ke dalam pilihan. Dengan atap fabric yang bisa dibuka, Peugeot 108 berukuran panjangan 3,47 m dan lebar 1,62 m.

Masuk ke dalam interior, layout speedometer analog dan layar LCD dibuat lebih mudah diakses dan dilihat. Pada jok bisa diatur ketinggiannya, tombol starter terintegrasi dengan sistem Open and Go, AC otomatis, serta pengaturan speed limiter.

Untuk mesin, Peugeot 108 mempunyai 3 silinder 1.000 cc dan 1.200 cc. Untuk transmisi, versi 1.000 cc ditawarkan dengan transmisi manual 5-speed atau elektronik 5-speed. Tipe 1.200 cc hanya punya manual 5-speed. Mobil ini dijual dengan harga Rp90 Juta.

3. Datsun Redi-Go

Menjadi salah satu mobil termurah di dunia, Datsun Redi-Go ini dipasarkan seharga Rp50 jutaan, namun belum bisa dipastikan kapan tersedia di Indonesia. Mobil murah ini tentunya menawarkan desain sporty dengan gril depan berbentuk hexagona lserta dimensi yang mini, namun tetap didukung dengan kabin yang luas.

Mengenai mesin, mobil ini mengandalkan mesin 800 cc dengan sistem transmisi manual lima percepatan. Selain itu, tersedia pula beberapa fitur pendukung seperti fitur AC, Power Window, dan FM-Radio.

4. Chery A1

Mobil murah asal China ini memiliki desain yang tak kalah cantik. Chery A1 memiliki lampu depan berteknologi LED yang siap memberikan penerangan secara maksimal. Bagian dashboardnya dibalut dengan desain modern yang siap menampilkan kecepatan berkendara, kondisi bensin, dan beberapa instrumen lainnya.

Sedangkan pada bagian mesin, Chery A1 memiliki mesin 1.297 cc yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 61 KW pada putaran 6.000 rpm, dan torsi maksimal mencapai 114 Nm pada putaran 3.800 rpm. Dengan memiliki sistem transmisi 5 kecepatan manual, Chery A1 ini dijual seharga Rp68 Juta.

5. Kia Picanto

Bentuknya yang minimalis tentunya memiliki fungsionalitas tinggi, sehingga dipercaya dapat diandalkan untuk segala kepentingan.

Didesain dengan tampilan yang kompak dan modern, ia juga dipertegas dengan sudut garis yang memanjang dari ujung belakang sampai pada bagian depan, menunjukan karakter yang lebih berani. Serta turut disertakan dua buah lampu kabut yang menjadikan pencahayaan di malam hari terlihat sempurna.

Kia pun menonjolkan fitur keselamatan dengan memberikan Dual SRS Airbags tepat didepan sopir dan penumpang, sabuk pengaman di tempat duduk bagian depan dan belakang, serta sensor parkir yang mampu mendeteksi adanya benda asing atau keras yang berada di belakang atau samping mobil saat hendak parkir.

All New Picanto juga dilengkapi oleh ABS + EBD pada sistem pengereman.

Untuk sektor mesin, Picanto membenamkan mesin jenis THETA 1.2 liter yang tak jauh berbeda dengan mesin yang dipakai oleh kebanyakan mesin baru. Mesin ini menggunakan fitur DOHC yang akan membuat mobil memiliki tenaga lebih tangguh.

Kekuatan maksimal yang dihasilkan oleh mesin Picanto tercatat hingga 87 PS pada setiap 6.000 rpm, dan torsi mencapai 12.3 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Kia Picanto dibanderol seharga Rp100 jutaan.

6. Daihatsu Alya Toyota Agya

Beredar di pasaran dengan harga Rp87 juta, Alya menawarkan mesin bertipe D26F 1KR-DE dengan 3 silinder berkapasitas 998 cc. Mesin tersebut cukup dibilang bertenaga, karena maksimum tenaga yang dihasilkan mencapai 64 Kw pada putaran 6.000 rpm, serta torsi maksimum mencapai 8.7 Nm pada putaran 3.600 rpm.

Daihatsu juga menyediakan berbagai pilihan tipe yang nantinya akan mempengaruhi fitur mobil termurah di dunia ini. Semakin mahal tipe Ayla, semakin lengkap fiturnya.

7. Fiat Panda Hatchback

Mobil kawin silang antara Fiat 500 ini, ternyata di Eropa Hatchback ini sangat dipuji-puji karena kemungilannya. Kabarnya, saat ini sudah muncul versi SUV Fiat Panda yang tangguh di segala medan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha