Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antusiasnya Peserta Workshop Jurnalistik di Lingga
Oleh : Nurjali
Senin | 28-11-2016 | 10:38 WIB
Pelatihan-Jurnalistik.jpg Honda-Batam

Narasumber dan peserta workshop jurnalistik di Lingga. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Didukung Humas Protokoler kabupaten Lingga dan PT Multi Coco Indonesia, Pemuda Pancasila dan Persatuan jurnalis Lingga menggelar workshop jurnalistik dengan menghadirkan nara sumber dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri dan Aliansi Jurnalis Independent (AJI) Batam di Gedung Wisma timah (Stannum Cafe) Dabosingkep, Sabtu (26/11/16).

 

Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari para Jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Jurnalis Lingga (PJL) Kabupaten lingga dan para pelajar SMP dan SMA yang diikuti sekitar lima puluhan peserta.

"Jumlah pesertanya kita batasi, karena tempat dan juga waktu," kata Ardi salah satu panitia pelaksana, Senin (28/11/16).

Banyak manfaat yang didapatkan oleh peserta Workshop ini, seperti halnya yang disampaikan oleh Sekretaris PWI Kepri Saibansah Dardani yang blak-blakan bercerita tentang sejarah jurnalisme di Kepulauan Riau dan Indonesia itu sendiri. Wartawan senior di Kepri yang mengawali karir bersama Riau Pos ini, menjelaskan banyak tentang tugas dan fungsi wartawan serta fungsi dari karya jurnalistik tersebut.

"Saya sudah hampir keliling Kepri, memberikan materi tapi di Lingga berbeda. Semangat dan antusias peserta cukup baik, padahal baru pertama kali di gelar," ujarnya.

Selain itu Ketua Dewan Etik AJI Batam Nikolas Panama yang memberikan materi tentang sosialisasi Dewan Pers terhadap kompentensi wartawan dan perusahaan pers dihadapan para peserta juga menyinggung berbagai permasalahan yang di hadapi dunia jurnalistik di Kepri salah satunya adalah mininmnya pengetahuan tentang tupoksi dari pekerja pencari berita itu sendiri.

"Masih banyak yang belum paham dengan profesi jurnalis tersebut sehingga, kedepan kegiatan seperti ini sangat positif dikembangkan, setiap wartawan harus memiliki kartu pers yang kompeten bukan yang di keluarkan oleh perusahaan," sebutnya.

Kegiatan yang di selenggarakan oleh tiga belas organisasi yang terdiri dari, Pemuda Pancasila Kabupaten lingga, Srikandi PP, Sapma PP, PJL Lingga, PPM, IPK, LMP, Sanggar Alang Dilaut, IPTI Lingga, KNPI serta Karangtaruna Hang Kasturi. kegiatan ini didukung Humas Protokoler kabupaten lingga, Humas Protokoler Setwan lingga dan PT Multi Coco Indonesia.

Editor: Yudha