Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Champions Eropa

Barcelona Gulung BATE Borisov
Oleh : Dodo
Kamis | 29-09-2011 | 10:23 WIB
messi.jpg Honda-Batam

Leonel Messi sumbang dua gol bagi tim Catalan. (Foto: Istimewa)

BELARUSIA, batamtoday - Barcelona akhirnya memetik kemenangan di Liga Champions usai menggulung BATE Borisov lima gol tanpa balas di Stadion Horodskiy dalam pertandingan Grup H Liga Champions, Kamis (29/9) dinihari WIB.

Duel melawan BATE merupakan laga perdana Barcelona melawan tim asal Belarusia. Kemenangan telak itu membuat Barcelona memuncaki klasemen sementara Grup H dengan nilai empat. Sedangkan BATE menghuni dasar klasemen.

Seperti dilansir oleh Goal, sekalipun tampil di kandang lawan, Barcelona lebih mendominasi permainan. Pada menit ke-12, tendangan bebas Lionel Messi sudah mengancam pertahanan tuan rumah, namun belum menghasilkan gol.

Barcelona akhirnya berhasil unggul selang tujuh menit kemudian. Gol berawal dari niat Dani Alves yang menusuk dari sektor kanan memberikan umpan kepada Messi di kotak penalti. Namun bola mengenai Aleksandr Volodko, dan mengarah ke gawang sendiri, sehingga membuat kiper Aleksandr Gutor tak berdaya.

Gol bunuh diri ini mempengaruhi mental pemain BATE yang membuat mereka kehilangan konsentrasi, dan berhasil dimanfaatkan pemain tamu. Tiga menit kemudian, Barcelona menggandakan keunggulan melalui tandukan Pedro yang menyambut umpan voli David Villa.

BATE berusaha bangkit untuk mengejar ketertinggalannya. Laga berjalan setengah jam, BATE mengancam pertahanan Barcelona, dan membuat kiper Victor Valdez bekerja untuk menggagalkan peluang Mateja Kezman.

Barcelona melanjutkan dominasinya, dan berhasil memperbesar keunggulan di menit ke-38. Kali ini Messi memanfaatkan kesalahan Gutor ketika berusaha menggagalkan umpaan silang Pedro. Messi tanpa kesulitan membobol gawang yang sudah kosong.

Di babak kedua, BATE masih belum bisa lepas dari tekanan yang diberikan Barcelona. Sempat mengimbangi di awal babak kedua, BATE akhirnya keteteran, dan Barcelona mampu memperbesar keunggulannya di menit ke-57.

Messi mencatat namanya di papan skor untuk kali kedua setelah membobol gawang Gutor. Menerima umpan dari Alves, Messi tanpa ampun menendang bola yang bersarang di gawang BATE.

Tuan rumah melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Maksim Skavysh. Kehadiran Skavysh ini sedikit meningkatkan intensitas permainan. Peluang diperoleh Skavysh, namun terlambat menanduk bola.

Hanya saja, BATE tidak lama mampu mengimbangi Barcelona. Selebihnya, tim tamu terlihat lebih menikmati permainan, dan memberikan mendikte tuan rumah. BATE kesulitan untuk memberikan tekanan.

Satu menit menjelang pertandingan berakhir, Barcelona memperbesar keunggulan sekaligus menutup laga dengan skor 5-0 melalui aksi Villa yang menerobos pertahanan BATE sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.