Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wabup Panen Cabai dan Jagung Siswa SMKN 3 Bintan
Oleh : Ismail
Selasa | 15-11-2016 | 17:20 WIB
wabub-panen1.jpg Honda-Batam

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam dan staf bersama Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, memanen jagung yang ditanam oleh para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Bintan di Desa Malangrapat, Kecamatan Gunung Kijang. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam memanen cabai dan jagung yang ditanam para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Bintan di Desa Malangrapat, Kecamatan Gunung Kijang, Senin (14/11/2016).

Dalam panen tersebut, Dalmasri mengapresiasi kecakapan siswa SMKN 3 Bintan yang berhasil menanam tanaman jenis kebun (hortikultura). Tak hanya itu, ia juga berterima kasih atas dukungan yang diberikan pihak Bank Indonesia (BI) terhadap proses perkebunan tersebut.

Dalmasri mengatakan, keberhasilan panen holtikultura tanaman cabai, berkat kerja sama yang baik oleh semua pihak. Oleh karena itu, Pemkab Bintan mendukung guna memujudkan SMK Negeri 3 sebagai pusat pertanian berbasis hortikultura terpadu, karena dilihat dari lahan yang tersedia sangatlah memadai .

"Pemerintah Kabupaten Bintan mengapresiasi dengan melihat potensi yang ada. Untuk itu, keberhasilan ini bisa ditingkatkan lagi, ke depan kita akan coba untuk menjadikannya sebagai pusat pertanian holtikultura terpadu, sekaligus pusat pelatihan di bidang sektor pertanian bagi sekolah-sekolah yang ada di Bintan," kata Dalmasri.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Gusti Raizal Eka Putra menerangkan, pada tahun 2014 lalu, pihak BI berkunjung ke SMK Negeri 3 Bintan. Setelah melihat potensi yang ada, maka Bank Indonesia memberikan bantuan guna pengembangan sektor pertanian berbasis hortikultura. Hal ini bertujuan agar terciptanya bibit-bibit entrepreneur di sekolah. Sehingga tamatan SMK dapat menjadi entrepreneur sejati.

"Bantuan diberikan untuk meningkatkan potensi di bidang budidaya, SMKN 3 Bintan mempunyai lahan yang cukup luas sehingga dapat memberikan sesuatu bagi siswa/siswi guna melahirkan entrepreneur di bidang pertanian," terangnya.

Ditambahkan Gusti, melihat dari kontur tanah serta lahan produksi, maka Bank Indonesia bersama SMKN 3 Bintan mulai menggarap potensi tanaman organik, karena selain cost biaya yang lebih murah, tanaman yang dihasilkan juga lebih berkualitas.

Selain cabai, lahan seluas 1,2 hektar tersebut juga ditanami jagung dan mentimun.

Editor: Udin