Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Champions Eropa

Dua Gol Gomez Benamkan Citizen
Oleh : Dodo/Goal.com
Rabu | 28-09-2011 | 10:31 WIB

MUNICH, batamtoday - Striker Mario Gomez menjadi bintang kemenangan Bayern Munich saat menumbangkan Manchester City 2-0 di Stadion Allianz Arena dalam matchday kedua Grup A Liga Champions, Rabu (28/9) dinihari WIB.

 

Kemenangan itu membuat Bayern Munich makin kokoh di puncak klasemen Grup A dengan nilai enam. Sedangkan City tetap di peringkat tiga dengan koleksi poin satu.

Bayern juga memperpanjang rekor tak terkalahkan di sepuluh pertandingan secara berturut-turut di seluruh kompetisi resmi yang diikuti, dan belum sekalipun kebobolan.

Pelatih Jupp Heynckes menempatkan Thomas Muller sebagai winger kanan menggantikan peran Arjen Robben yang harus duduk di bangku cadangan. Sedangan Toni Kroos tetap di belakang Gomez.

Pertarungan antara Bayern dan City berlangsung menarik, karena kedua tim sama-sama menerapkan permainan terbuka. Laga berjalan lima menit, Edin Dzeko sudah mengancam pertahanan Bayern ketika menerima umpan Micah Richards. Namun Manuel Neuer mampu mengamankannya.

Bayern merespon serangan yang diberikan City. Pertahanan City terpaksa kerja keras untuk mengantisipasi serangan yang dibangun Bayern melalui Bastian Schweinsteiger, Rafinha dan Franck Ribery.

Schweinsteiger membuka peluang bagi Bayern untuk unggul lebih dulu. Setelah menerima umpan dari Muller, Schweinsteiger melepaskan tendangan keras, namun melambung di atas mistar gawang.

Upaya Bayern untuk unggul lebih dulu membuahkan hasil pada menit ke-38. Ribery melepaskan tendangan keras yang bisa diblok kiper Joe Hart. Bola muntah kemudian disambr Muller, dan Hart kembali melakukan penyelamatan. Akhirnya gawang Hart kebobolan dalam kesempatan ketiga yang dilakukan Gomez.

Bayern pun menggandakan keunggulannya menjelang babak pertama berakhir. Tendangan Kroos disambut tandukan Daniel van Buyten, namun ditepis Hart. Gomez kembali memanfaatkan bola muntah untuk menjebol gawang tim besutan Roberto Mancini tersebut.

Unggul dua gol membuat Bayern lebih percaya diri melakoni babak kedua. Serangan yang dibangun Bayern memaksa lini pertahanan City bekerja keras. Mancini kemudian memasukkan Nigel De Jong, dan menarik keluar Dzeko.

Pergantian pemain ini tidak memberikan pengaruh terhadap permainan agresif City. The Citizen cenderung kehilangan intensitas serangan dibandingkan permainan mereka di babak pertama.

Selain itu, pertahanan solid yang dikembangkan Bayern juga membuat City kesulitan mendekati kotak penalti tuan rumah. Bayern makin merajalela. Schweinsteiger kembali melepaskan tendangan drive di menit ke-74, tapi bisa ditepis Hart, sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Selang enam menit kemudian, giliran Gomez yang nyaris mencetak hat-trick di laga ini. Tendangan bebas Kroos disambut tandukan Gomez, namun berhasil ditepis Hart. Bayern berhasil mempertahankan skor 2-0 hingga peluit panjang ditiupkan wasit.