Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sektor Perikanan Salah Satu Solusi Tingkatkan Perekonomian Lingga
Oleh : Nurjali
Sabtu | 12-11-2016 | 11:29 WIB
haripinto-lingga1.jpg Honda-Batam

Anggota DPD RI asal Kepri, Haripinto Tanuwijaya, saat melaksanakan reses di Kabupaten Lingga, Jumat (11/11/2016).

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat suatu daerah, pengelolaan dan pemanfaatan berbagai potensi yang dimiliki daerah tersebut menjadi suatu keniscayaan.

Hal itu disampaikan anggota DPD RI asal Kepri, Haripinto Tanuwijaya, saat melaksanakan reses di Kabupaten Lingga, Jumat (11/11/2016). Solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lingga, katanya, pemanfaatan potensi di bidang perikanan dan pertanian, seperti saat ini sedang dikembangkan, sangat tepat.

"Kita melihat nelayan kita saat ini kesulitan untuk memasarkan hasil tangkapannya, padahal ini salah satu solusi untuk peningkatan ekonomi kita. Ini harus dicarikan jalan keluarnya," kata Senator Haripinto.

Menurut mantan anggota DPRD Provinsi Kepri ini, peningkatan infrastruktur dasar untuk memajukan perekonomian di sektor perikanan, menjadi keharusan. Peningkatan infrastruktur, katanya, akan menarik minat investor untuk membangun usaha perikanan dan pertanian di Lingga.

Dengan terpenuhinya sentra perikanan dan pertanian, tentu akan memudahkan nelayan lokal memasarkan hasil tangkapannya dengan harga yang layak. "Kalau tempat produksinya ada, otomatis harganya akan naik," ujarnya.

Haripinto juga mengapresiasi peningkatan bidang pertanian, yang saat ini digarap Bupati Lingga Alias Wello. Project persawahan dan perkebunan, katanya, juga akan memberikan lapangan pekerjaan baru sehingga harus didukung penuh oleh masyarakat.

Sebagai anggota DPD akan Kepri, dia juga akan terus berupaya mendorong Bupati Lingga melakukan lobi ke pusat. "Di sektor pertanian dan perkebunan ini juga solusi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Untuk saat ini, Kabupaten Lingga, khususnya Pulau Singkep, sudah memiliki infrastruktur dasar seperti listrik, air minum dan telekomunikasi. Namun yang tak kalah penting untuk menyambut investor, kata Haripinto, adalah ketersediaan lahan.

"Yang lebih penting lagi, SDM juga harus disiapkan agar tenaga kerja lokal nantinya dapat terhimpun," sebutnya.

Editor: Yudha