Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terlibat Skandal Atur Skor, Empat Pemain Timnas Laos Disanksi
Oleh : Redaksi
Kamis | 10-11-2016 | 13:38 WIB
pemain-laos.gif Honda-Batam

Ilustrasi Timnas Laos. Empat pemain Laos disanksi AFC karena terlibat pengaturan skor. (Sumber foto: Antara)

BATAMTODAY.COM, Laos - Empat pemain tim nasional Laos disanksi larangan terlibat dalam sepak bola selama 60 hari karena terlibat dalam skandal pengaturan skor. Sanksi dijatuhkan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada Senin (7/11/2016) lalu.

Keempat pemain tersebut adalah Saynakhonevieng Phommapanya, Chintana Souksavath, Moukda Souksavath dan Phatthana Syvilay. AFC mengatakan "partisipasi mereka dalam dunia sepak bola adalah ancaman langsung bagi integritas kompetisi."

Keempat pemain itu sempat membela timnas Laos dalam kemenangan 2-1 atas Sri Lanka dalam laga Piala Solidaritas AFC -- laga pertama Laos di kompetisi itu.

AFC menyatakan bahwa aksi pengaturan skor keempat pemain itu tidak hanya terkait dengan Piala Solidaritas tapi juga "diduga melakukan manipulasi pada banyak pertandingan sejak membela Laos pada 2010 silam."

AFC juga menyatakan mereka tetap meneruskan penyelidikan terhadap dugaan pengaturan skor dan tidak terbatas pada keempat pemain tersebut.

"AFC memiliki nol toleransi terhadap manipulasi pertandingan, seperti tercantum dalam prinsip-prinsip inti yang terdapat di Visi dan Misi AFC yang diluncurkan pada Januari 2016," demikian bunyi pernyataan resmi AFC, Kamis (19/11/2016).

Laos sendiri tidak akan bermain di putaran final Piala AFF 2016 yang digelar di Filipina dan Myanmar pada 19-25 November. Di fase kualifikasi, Laos hanya menduduki peringkat dua klasemen akhir, terpaut tiga poin dari Kamboja yang merebut tiket ke Piala AFF.

Sumber: Antara
Editor: Udin