Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kal Pintar Lantamal IV, Pengobat Dahaga Membaca Pelajar Pulau Pangkil
Oleh : Harjo
Rabu | 09-11-2016 | 11:30 WIB
Pelajar-Pulau-pangkil1.jpg Honda-Batam

Pelajar Pulau Pangkil Tampak Serius Membaca Buku di Kal Pintar Mandiri-1 Lantamal IV Tanjungpinang. (Foto: Lantamal IV)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pulau Pangkil, satu diantara gugusan pulau yang ada di Kepri. Untuk menjangkaunya harus menggunakan pompong  dari Tanjungpinang jarak tempuhnya sekitar 1 jam. Sedangkan dari Batam kita dapat menjangkaunya dari dermaga Desa Sembulang, Jembatan 5 Barelang sekitar 50 menit. Pulau kecil yang memanjang menyimpan banyak pesona ini dihuni sekitar 1.357 warga yang mayoritas adalah nelayan.

Bagaimana dengan pendidikan dipulau Pangkil? Saat Rombongan Lantamal IV Tanjungpinang yang terdiri dari Dispotmar (Dinas Potensi Maritim), Dinas Kesehatan Lantamal I, Selasa (8/11/2016) menyambangi pulau oksotis ini menggunakan kapal perpustakaan laut keliling milik Lantamal IV, disambut gembira puluan anak-anak SD berseragam putih merah berjejer rapih di dermaga. Satu persatu anak-anak ini turun menapaki anak tangga dermaga dengan bantuan prajurit TNI AL masuk di Kal Pintar Mandiri-1.

Tampak raut wajah gembira anak-anak Pulau Pangkil menyambut Kal Pintar berkunjung ketempat mereka, satu persatu anak-anak ini mengambil aneka koleksi buku yang tertata rapi dirak buku. Bahkan beberapa siswa SD ini meminta bantuan dari prajurit TNI AL untuk mengambil buku-buku yang letaknya di rak buku yang lebih tinggi.

Usai mendapatkan buku-buku yang mereka inginkan, mendadak suasana hening, tampak anak-anak begitu antusias membaca buku cerita, buku pelajaran dan berbagai alat peraga yang ada termasuk jaringan internet, dengan didukung ruangan yang nyaman dan dingin membuat anak-anak betah berlama-lama didalam kapal.

Kunjungan ke Kapal Perpustakaan laut keliling kali ini, panitia sengaja mengantisipasi dibuat bergilir antar sekolah atau bergantian karena dengan teterbatasan ruangan yang ada, selanjutnya pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB, Kal Pintar menerima kunjungan 69 siswa/siswi MTs Nurul Iman Bintan dibawa bimbingan guru Ibu Sundari, Ibu Bismi Afiah, Ibu Rafisah, Ibu Erna J, Ibu Hanis, Ibu Hesti.

Pukul 11.00 WIB - 12.00 WIB bertempat di dermaga Pulau Pangkil menerima kunjungan pelajar dari SMAN-3 Bintan kelas jauh dengan guru pembimbing Ibu Fenti, Ibu Haryati S.Pd, Ibu Syahirati S.Pd.

Sedangkan ditempat lain Tim kesehatan dari Diskes Lantamal IV bertempat di Gedung Serba Guna Desa Pangkil mengadakan pelayanan kesehatan dan pengobatan masyarakat setempat secara gratis kepada 75 orang pasien.

Sementara itu tim dari Dispotmar Lantamal IV melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat Pulau Pangkil Terhadap keselamatan pelayaran, menjaga dan memelihara ekosistim laut, pada kesempatan tersebut panitia sengaja membuat komunikasi dua arah melalui tanya jawab yang intinya langsung bersentuhan dengan aktifitas masyarakat sehari-hari di Pulau Pangkil.

Komandan Lantamal IV Laksma TNI S Irawan mengatakan pemanfaatan fasilitas Kapal Perpustakaan Laut Keliling Kal Pintar Mandiri-1, Pelayanan Kesehatan dan Sosialisasi Keselamatan Pelayaran dan menjaga ekosistim laut hal ini merupakan wujud kepedulian kita terhadap pendidikan kepada masyarakat yang ada di pulau-pulau dikepri dan untuk mendukung program pemerintah daerah.

Editor: Yudha