Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Motor Buatan Indonesia, Gesits Uji Coba Jakarta - Bali
Oleh : Redaksi
Rabu | 09-11-2016 | 11:04 WIB
Motor-Gesits1.jpg Honda-Batam

Motor listrik Gesits resmi menjalani uji jalan. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Batam - Meski baru pengembangan satu tahun dan akan diproduksi awal 2017, motor listrik Gesits (Garansindo Electric Scooter ITS) resmi menjalani uji jalan yang dimulai pada Senin (7/11/2016) kemarin. Uji coba menjawab keraguan atas produk otomotif nasional yang vakum nyaris dua dekade silam.

 

Dalam rangka uji coba kemampuan, motor listrik Gesits akan melakukan touring jarak jauh "GESITS Tour de Jawa Bali" pada 7-12 November 2016, di mulai dari Jakarta hingga berakhir di Nusa Dua, Bali.

Operation Director PT. Garansindo Technologies Rahmat Septriwan mengungkapkan bahwa belum terdapat kendala dalam hal produksi dikarenakan masih dalam tahap pengembangan produk.

"Saat ini Gesits masih dalam tahap pengembangan dan uji oleh ITS dengan dibantu oleh tim Garansindo, sehingga produksi baru akan dilaksanakan di tahun depan," katanya.

Pergerakan pemasaran motor listrik nasional ini menarik perhatian publik tanah air, dengan catatan pemesanan sudah mencapai angka 20 ribu. Tentunya ini akan menjadi anacaman pasar roda dua yang berbahan bakar BBM, termasuk pertarungan antara dominasi roda dua Jepang di Indonesia.

"Persaingan usaha adalah hal yang wajar dalam dunia otomotif roda dua termasuk di bidang baru sepeda motor listrik. Kami sedang menyiapkan strategi untuk menghadapi potensi dimana pemain-pemain besar yang ada, akan memasuki juga pasar motor listrik yang baru di Indonesia ini." kata Rahmat.

Untuk persiapan produksi Gesits sedang mempersiapkan kondisi motor sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia. Tak hanya itu, pihak Garansindo pun tengah memikirkan strategi pemasaran dan layanan purnajual.

"Tim kami sedang meneliti sisi konsumen dan preferensinya, strategi marketing yang tepat, setup penjualan termasuk jaringan purna jual untuk melayani konsumen fleet dan retail. Target kami adalah masuk ke pasar dengan model bisnis yang sustainable dan mengena untuk konsumen Indonesia," ujarnya.

Spesifikasi Gesits

Motor listrik ini memiliki daya sebesar 5 kW, dengan daya motor sebesar itu memungkinkan pengendara untuk memacu motor ini hingga 100 km/jam. Kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 5kWh dengan pola berkendara masyarakat Indonesia pada umum nya (60 - 80 km/jam) maka sekali pengisian penuh Gesits dapat digunakan untuk berkendara sejauh 100 km.

Kelebihannya, baterai pada Gesits juga di desain bisa ditukar, sehingga mudah saat ingin di-charger di dalam rumah, serta juga mendukung strategi battery swapping (tukar tambah isi baterai). Sementara aplikasi monitoring untuk sepeda motor listrik ini bisa menggunakan smartphone berbasis Andriod.

Day Running Light (DRL) terpasang pada body depan dan belakang Gesits yang memanjang hingga ke samping body dan memiliki dua fungsi yaitu sebagai lampu utama sekaligus lampu sein.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha