Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Guru Matematika Bintan Diajarkan Metode Hitung Cepat
Oleh : Ismail
Selasa | 08-11-2016 | 18:38 WIB
workshop-matematika.gif Honda-Batam

Sebanyak 191 Guru Matematika Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Bintan diajarkan rumus matematika dengan metode jaritmatika atau menghitung dengan jari di Aula Kantor Bupati, kawasan Bintan Buyu, Selasa (8/11/2016) (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sebanyak 191 Guru Matematika Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Bintan diajarkan rumus matematika dengan metode jaritmatika atau menghitung dengan jari. Pelatihan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, kawasan Bintan Buyu, Selasa (8/11/2016).

Dalam pelatihan tersebut, para guru matematika tingkat SD diajarkan cara mudah untuk mempelajari matematika ala Matematika Dahsyat Indonesia (MDI) .

Teknik menghitung yang diajarkan pun cukup sederhana dan jauh lebih mudah dibandingkan dengan pola yang biasa diajarkan di sekolah. Yakni, mulai dari rumus menghitung konversi ukuran panjang dan luas balok, pembagian, perkalian dan penjumlahan menggunakan hitung jari atau rumus jaritmatika.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Raja Sabariah mengatakan, workshop ini merupakan bagian dari mencerdaskan Dunia Pendidikan di Kabupaten Bintan. Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan para guru bisa mendorong terciptanya generasi pintar dan cerdas di Kabupaten Bintan .

"Tujuannya adalah belajar bagaimana memunculkan ide-ide dan rumus-rumus kreatif dalam konteks mencerdaskan dan mengembangkan mutu pendidikan di Kabupaten Bintan," ujarnya.

Para guru cukup antusias mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan matematika ini dilaksankan selama satu hari. Ke-119 guru matematika tingkat SD yang mengikuti pelatihan tersebut diundang di masing-masing Kecamatan. Yakni, Kecamatan Mantang sebanyak 19 orang, Bintan Pesisir berjumlah 29 orang, Kecamatan Teluk Sebong 15 orang, Sri Kuala Lobam 31 orang, Gunung Kijang 15 orang, Bintan Timur 6 orang, Toapaya 19 orang, Teluk Bintan 13 orang dan Kecamatan Bintan Utara 44 orang.

Editor: Udin