Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Ragam Noda Jok dan Cara Membersihkannya
Oleh : Redaksi
Jum'at | 04-11-2016 | 14:45 WIB
Noda-Jok1.jpg Honda-Batam

Cara Membersihkan noda di Jok Mobil. (Foto: Ilustrasi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Noda pada jok mobil seringkali diabaikan oleh pengendara. Padahal jika dibiarkan, noda tersebut akan menjadi sulit untuk diatasi.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui jenis noda apa yang menempel. Soalnya, Anda tak bisa memberikan perlakuan yang sama pada semua noda. Berikut beberapa noda dan cara mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Minuman berwarna

Noda minuman berwarna seperti kopi akan membandel jika tak segera dibersihkan. Apabila jok berbahan kulit, cukup bersihkan menggunakan air dan sedikit cairan pembersih. Kemudian bilas dan keringkan. Sedangkan jok kain, semprotkan air yang telah dicampurkan cuka. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas dan keringkan.

Saus atau kecap

Pernahkah Anda menikmati makanan cepat saji dengan saus atau kecap di mobil? Tak jarang karena kecerobohan, saus atau kecap ini jatuh ke jok dan meninggalkan noda. Untuk membersihkannya, letakkan kain yang telah dicelup ke dalam cuka. Biarkan beberapa saat sekitar 5 sampai 10 menit. Kemudian berikan cairan pembersih, dan lap menggunakan kain bersih hingga seluruh noda saus hilang. Bilas dan keringkan kembali.

Muntah

Untuk membersihkannya, cukup dengan menggosok jok secara perlahan menggunakan kain basah dan cairan pembersih. Kemudian bilas dan keringkan. Apabila bau masih tercium meski telah dibersihkan, taburkan baking soda di area tempat muntah berada.

Darah

Menghadapi noda darah ternyata cukup tricky. Soalnya, salah cara membersihkan dapat membuat noda ini menjadi menempel lebih bandel. Jangan pernah menggunakan air hangat atau panas saat membersihkan noda darah. Karena noda ini akan mengeras dan terikat ke dalam serat jok. Cukup gunakan air dingin yang dicampur dengan garam atau perasan lemon.

Permen karet

Cara terbaik menghilangkan permen karet yang menempel di jok yaitu dengan mendinginkannya. Tempelkan es batu ke permen karet selama 5 sampai 10 menit. Jika sudah mengeras, kemudian congkel menggunakan pisau. Hati-hati jangan sampai mengenai jok Anda. Apabila masih terlihat noda, Anda dapat menggosok jok dengan cuka dan air bersih.

Makeup

Apabila Anda pengendara wanita, pastinya pernah berdandan di dalam kendaraan. Tak jarang noda makeup seperti lipstik atau maskara menempel ke jok. Untuk membersihkannya cukup mengaplikasikan pasta gigi. Kemudian bilas menggunakan air bersih. Apabila masih ada noda yang tersisa, gosok menggunakan kain yang telah diberi alkohol.

Sumber: Otosia.com
Editor: Yudha