Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Penyebab ABK DJBC Khusus Kepri Tenggelam
Oleh : Nursali
Jum'at | 04-11-2016 | 12:30 WIB
ilustrasi-tenggelam-dilaut.jpg Honda-Batam

Honorer ABK di DJBC Khusus Kepri Tenggelam di Laut (Foto: Ilustrasi)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Angin kencang disertai gelombang yang tinggi menjadi penyebab tenggelamnya Firman, seorang honorer Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri pada Kamis (3/11/2016) sekitar pukul 23.30 WIB.

Kepala Bagian Humas dan Rumahtangga DJBC Khusus Kepri, Hadiman mengatakan saat malam naas tersebut, Firman bertugas untuk membenahi letak posisi kapal patroli BC yang tidak beraturan akibat hentaman ombak.

"Malam itu, karena cuaca buruk membuat kapal tidak beraturan, makanya dia (Firman) mengatur posisi kapal agar tidak terjadi apa-apa," kata Hadiman kepada BATAMTODAY.COM di ruang kerjanya, Jumat (4/11/2016).

Saat akan membenahi kapal yang dimaksud, Firman yang tidak mengenakan life jacket tergelincir ke laut dan langsung menghilang.

"Dia di dermaga II. Dia tidak sendiri, ada rekannya. Saya rasa dia nggak pakai life jacket," Ucapnya singkat.

Ia menambahkan hingga saat ini, pihaknya masih tetap melakukan pencarian terhadap Firman. "Sampai sekarang belum ditemukan," tutupnya.

Sebelumnya, ABK BC 10001, Firman (24) tenggelam dan menghilang di Dermaga II kawasan perkantoran Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri pada Kamis (3/11/2016) sekitar pukul 23.30 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun BATAMTODAY.COM, Firman merupakan buruh harian lepas (Honor) di Kanwil DJBC. Sebelum pristiwa naas itu terjadi, Firman bersama rekannya pergi ke dermaga II dan langsung naik ke kapal untuk‎ bertugas.

"Saat akan melangkah dari kapal BC 10001 ke kapal BC 10002, Firman langsung jatuh dan tenggelam," kata sumber yang tidak mau identasnya ditulis.

Kemudian, saat itu rekan korban mencoba untuk menolong. Namun karena jarak mereka terlalu jauh, korban pun langsung tenggelam dan menghilang.

"Firman tenggelam dan tak kelihatan lagi. Rekannya langsung minta pertolongan untuk melakukan pencarian," ungkap sumber.

Hingga saat ini, petugas DJBC dibantu oleh petugas lainnya masih dalam proses pencarian. Sementara pihak DJBC Khusus Kepri hingga berita ini ditulis, belum ada yang bisa dikonfirmasi.

Editor: Yudha