Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Besok, Rekaman Radio Pertama Queen Rilis di Internet
Oleh : Redaksi
Kamis | 03-11-2016 | 15:02 WIB
the-kueen.gif Honda-Batam

Rekaman lagu pertama Queen sewaktu tampil di radio BBC, pada 1973 berjudul My Fairy King, kini dapat dinikmati secara online. (Foto: AFP/Jean-ClaudeCoutausse)

BATAMTODAY.COM, London - Penampilan perdana grup band legendaris Queen di radio, telah dirilis secara online di internet.

Saat itu, band yang dibentuk sejak 1970 itu memainkan lagu My Fairy King pertama kalinya pada 1973 di acara "John Peel live session" radio BBC.

Pada penampilannya saat itu, seperti dilansir dari NME, pemain gitar dari band pencetak hits Bohemian Rhapsody tersebut, Brian May mengatakan bahwa itu pertama kalinya sang vokalis Freddy Mercury menunjukkan kemampuan terbaiknya.

"Di studio, kami melihat untuk pertama kalinya Freddie memainkan piano dan lagu My Fairy King terdengar epik karena harmonisasi yang pas."

"Freddie tampil sangat baik, dan ini kemudian menggiring untuk lahirnya lagu-lagu lainnya seperti The March Of The Black Queen di album ke-dua, kemudian Bohemian Rhapsody setelahnya," kata May.

Debut perdana Queen tampil di radio pertama kali disiarkan pada 15 Februari 1973.

Kini, selain diunggah online, rekaman siaran tersebut juga akan masuk dalam kompilasi yang akan datang bertajuk Queen on Air. Selain siaran perdana, kompilasi itu merupakan kumpulan dari keseluruhan enam sesi radio BBC band Queen yang pernah direkam antara tahun 1973 dan 1977.

Awal November ini, "versi cepat" dari lagu ikonik band yang digawangi oleh Brian May, Roger Taylor, Freddie Mercury, John Deacon, yakni We Will Rock You dirilis dalam bentuk video lirik.

Queen on Air sendiri, akan dirilis dalam bentuk 2-CD dan sebuah piringan hitam 3-LP, ditambah dengan versi khusus "Deluxe" yang berisi 6 kaset beserta CD siaran konser, serta 3 CD wawancara radio. Semua versi tersebut akan dirilis pada 4 November besok.  

Sumber: NME
Editor: Udin